Kota-Kota Penting dan Menarik yang Terkait Sastra Dunia

Kota-Kota Penting dan Menarik yang Terkait Sastra Dunia, Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Edinburgh, Skotlandia/tripadvisor.co.uk
Sebuah kota atau sebuah tempat bisa menjadi terkenal, karena menjadi lokasi sebuah cerita dalam novel. Ketika Dan Brown menulis novel The DaVinci Code, dan novel itu membahas Museum Louvre di Paris, dalam waktu seketika kunjungan ke museum itu meningkat hingga ratusan kali lipat dibanding sebelumnya.

Orang-orang penasaran dengan penjelasan dalam novel Dan Brown, dan ingin mempelajari keterangan-keterangan yang tertulis dalam novel itu di museumnya langsung.

Paris memang sejak lama terkenal sebagai kota yang terkait erat dengan sastra. Selain banyak sastrawan yang lahir dan besar di sana, banyak pula penulis yang menjadikan Paris sebagai tempat atau lokasi kisah dalam novel yang ditulisnya. Selain Paris, ada kota-kota lain yang juga terkait dengan sastra, sehingga terkenal sebagai kota sastra. Berikut ini di antaranya.

Dublin, Irlandia

Dublin, ibu kota Irlandia, disebut sebagai City of Literature, karena banyaknya karya sastra yang lahir di kota ini. Beberapa karya sastra terkenal yang lahir di Dublin di antaranya adalah karya-karya Oscar Wilde dan Samuel Beckett.

Selain itu, Irlandia, khususnya Dublin, memiliki kekayaan budaya serta tempat-tempat bersejarah dalam dunia sastra.

Stockholm, Swedia

Stockholm adalah tempat lahirnya Alfred Nobel, sosok yang mencetuskan penghargaan bernama Nobel Prize. Salah satu bidang yang mendapat penghargaan tersebut adalah sastra.

Karenanya, Stockholm memiliki pengaruh besar dalam bidang tersebut, dan di sana pula berbagai perayaan besar dunia kerap dilangsungkan. Dua penulis terkenal dunia yang berasal dari Stockholm adalah Stieg Larsson dan Astrid Lindgren.

Portland, Amerika Serikat

Portland terletak di Oregon, Amerika Serikat, dan di kota itu terdapat toko buku paling besar di dunia, bernama Powell’s City of Books. Portland juga sering mengadakan berbagai acara yang terkait dengan literatur, sehingga seni sastra tumbuh di kota ini.

Penulis terkenal yang lahir di Portland di antaranya adalah Annie Proulx dan Sebastian Junger.

Santiago, Chili

Tanpa Santiago, mungkin kita tidak akan mengenal karya-karya sastra Pablo Neruda. Di kota Santiago inilah, sastrawan besar itu menghabiskan banyak waktu untuk menghasilkan karya-karyanya yang kemudian tersebar di berbagai belahan dunia. Pablo Neruda bahkan sempat mendapatkan penghargaan Nobel atas karya sastranya.

Edinburgh, Skotlandia

Jika di kota-kota lain terdapat museum sejarah, museum seni, dan lain-lain, Edinburgh memiliki museum penulis. Di dalam museum tersebut ada banyak hal yang terkait dengan karya-karya sastra terkenal.

Di sana juga terdapat buku-buku yang berasal dari abad ke-18. Selain itu, Edinburgh juga menjadi kota yang telah menginspirasi banyak novel, dari dulu maupun sekarang.

London, Inggris

Charles Dickens, penulis legendaris asal Inggris, sangat dekat dengan London, dan karyanya yang populer, Oliver Twist, lahir di sana. London juga menjadi tempat penulis modern terkenal dunia, J.K. Rowling, dalam menghadirkan kisah serial Harry Potter.

Di luar dua orang itu, tak terhitung banyaknya penulis dan karya lain yang lahir di sana, termasuk Agatha Christie yang terkenal dengan novel-novel kriminal menegangkan, juga Sir Arthur Conan Doyle yang melahirkan tokoh fiktif paling terkenal di dunia, Sherlock Holmes.

Karenanya, London memiliki ikatan erat dengan karya-karya sastra klasik maupun kaya-karya sastra modern.

St. Petersburg, Rusia

St. Petersburg di Rusia adalah kota yang penting bagi Fyodor Dostoyevsky, sastrawan besar Rusia. Dia menjadikan St. Petersburg sebagai latar kisah-kisah yang ditulisnya, yang kemudian terkenal di dunia.

Karenanya, jika kita penggemar Dostoyevsky, mengunjungi St. Petersburg akan bisa menjadi semacam napak tilas untuk menelusuri jejak-jejak perjalanan para tokoh dalam novel-novel Dostoyevsky.

Melbourne, Australia

Sejak lama, Melbourne terkenal sebagai kota sastra, dan kota ini pun telah ditetapkan sebagai kota sastra karena memiliki berbagai festival sastra, juga toko-toko buku dan penerbit-penerbit terkenal.

Di Melbourne juga ada perpustakaan tua yang telah dibangun sejak tahun 1800-an, bernama State Library of Victoria. Sampai sekarang, perpustakaan itu masih megah berdiri bersama buku-buku di dalamnya.

Washington DC., Amerika Serikat

Di Washington ada sebuah perpustakaan paling besar di dunia, bernama Library of Congress. Di dalamnya tersimpan tak terhitung banyaknya karya sastra yang terbit dari ratusan tahun lalu sampai yang terbit di era modern.

Karenanya, selain terkenal sebagai kota besar, Washington juga terkenal sebagai kota sastra. Ada banyak pula penulis sastra yang terinspirasi kota ini untuk menulis karyanya. Dua di antaranya adalah Walt Whitman dan Langston Hughes.

Paris, Prancis

Paris adalah kota modern, mewah, romantis, juga artistik. Karenanya, Paris juga lekat dengan karya-karya seni, termasuk seni sastra. Ada banyak penulis sastra terkenal dunia yang sangat dekat dengan kota ini. Dua di antaranya adalah Ernest Hemingway dan F. Scott Fitzgerald.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Fakta & Statistik 1526781719393785291

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item