Kota-Kota Mana di Dunia yang Ramah Vegetarian?

Kota-Kota Mana di Dunia yang Ramah Vegetarian? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis

Kaum vegan adalah orang-orang yang menjalani gaya hidup alami, dalam bentuk tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan, semisal daging. Sebagai gantinya, mereka lebih banyak mengonsumsi buah atau sayuran.

Meski itu merupakan kebiasaan baik dan sehat, namun sayangnya kaum vegan bukan golongan mayoritas. Artinya, jauh lebih banyak orang yang biasa menikmati daging hewan daripada yang berpantang.

Kenyataan itu kadang menjadikan para vegan mengalami masalah atau kesulitan, khususnya saat bepergian ke luar negeri. Bagaimana pun, kebanyakan restoran atau tempat-tempat makan di berbagai kota lebih banyak menyediakan makanan untuk kalangan umum, yaitu yang biasa menikmati daging (bukan vegan). Sangat jarang ada tempat makan khusus untuk kaum vegan, apalagi di kota-kota besar.

Meski begitu, bukan berarti para vegan tidak boleh pergi ke luar negeri atau traveling ke tempat-tempat indah. Karena selalu ada tempat yang menyediakan sayuran dalam jumlah berlimpah, meski kadang pula masih menyediakan daging hewan dalam menu makanan.

Jika kita menjalani gaya hidup vegetarian, kita perlu mengenali kota-kota berikut ini, karena kota-kota ini dinilai paling ramah terhadap vegetarian.

Singapura

Ada banyak etnis India dan Cina yang menjadi penduduk di Singapura, dan hal itu menjadikan vegetarian lebih mudah menemukan makanan di sana, karena menu makanan India dan Cina melibatkan banyak sayur.

Di Singapura juga terdapat pusat jajan serta makanan yang menawarkan banyak pilihan sayuran. Salah satu kawasan yang terkenal di sana adalah Little India, yang menyediakan masakan untuk vegetarian.

Chiang Mai, Thailand

Chiang Mai adalah kota terbesar kedua di Thailand, yang terkenal sebagai surga bagi para vegetarian dan penyuka sayuran. Di pusat kota Chiang Mai terdapat banyak tempat makan yang menyediakan makanan untuk vegetarian.

Biasanya tempat-tempat makan semacam itu dapat diidentifikasi dari keberadaan spanduk kuning, bertuliskan karakter tunggal Cina (“jay” atau “vegetarian”).

Taipei, Taiwan

Makanan vegetarian di Taiwan telah berkembang menjadi makanan khusus dan terpisah, begitu pula yang ada di Taipei. Di kota ini terdapat banyak warung makan yang cocok untuk para penganut gaya hidup vegetarian, yaitu tidak menggunakan daging hewan, meski kadang nama masakan/makanannya terdengar seperti makanan berbahan daging.

Kyoto, Jepang

Tidak terlalu banyak makanan berupa sayuran di Kyoto, meskikita tetap bisa menemukan makanan yang cocok bagi para vegan. Di Kyoto ada makanan unik yang disebut ryori shojin, yang bahannya dari sayuran.

Makanan ini terdiri dari aneka makanan yang disajikan di dekat kuil kota, seperti Nanzen-ji, Daitoku-ji, dan Tenryu-ji. Selain itu, di sana juga ada berbagai makanan lokal yang cocok bagi para vegan, seperti yuba (kulit tahu), fu (gluten gandum), dan sayuran seperti terong, lobak, serta umbi-umbian.

Vancouver, Kanada

Vancouver menggalakkan aktivitas memasak bahan makanan organik, dan hal itu menjadikan kota ini memiliki aneka sajian dengan harga bervariasi untuk para vegan.

Di sana bahkan ada pizza khusus vegetarian, disebut Jamaican Pizza Jerk, dengan porsi yang mampu membuat perut kenyang dan puas. Selain itu, di Vancouver juga terdapat restoran-restoran yang khusus menyediakan menu vegetarian.

Sydney, Australia

Sydney memiliki banyak restoran yang menyediakan pilihan non-daging, sehingga para vegan tidak akan terlalu kesulitan menemukan makanan yang tepat di kota ini.

Tempat-tempat makan di Sydney bahkan menyediakan menu yang vegan-friendly, dengan menyajikan aneka masakan dari daging tiruan (dibentuk seperti masakan daging tapi tidak terbuat dari daging).

London, Inggris

Sebagai kota besar yang dikunjungi berbagai macam orang dengan banyak latar belakang, tidak mengherankan jika London menyediakan aneka makanan yang beragam, termasuk bagi para vegan.

Di sana bahkan ada restoran-restoran eksklusif yang khusus menyediakan menu vegetarian. Yang terkenal di antaranya adalah Riverside Vegetaria, The Gate, dan Manna.

San Francisco, Amerika Serikat

San Francisco telah mengembangkan dan membiasakan makanan yang ramah sayuran, meski tidak secara khusus ditujukan untuk kaum vegan. Karenanya, kaum vegan tidak akan terlalu kesulitan menemukan makanan yang tepat di kota ini.

Selain itu, beberapa makanan ringan di San Francisco juga banyak tersedia, yang juga cocok untuk kaum vegan, dari tofu sampai es krim vegan.

Portland, Amerika Serikat

Portland tengah menggalakkan kehidupan yang ramah lingkungan, hingga yang terkait makanan. Karenanya, kota yang ada di Oregon, AS, ini sangat ramah vegetarian. Di pusat kota, ada berbagai gerobak makanan sampai restoran-restoran mewah yang sama-sama menyediakan makanan untuk kaum vegan.

New York, Amerika Serikat

Di New York, kaum vegan tidak akan kesulitan menemukan makanan yang tepat, karena apa pun tersedia, khususnya makanan vegetarian. Di kota yang selalu sibuk ini,kita bisa mencari makanan halal mentah sampai hidangan mewah yang tanpa daging.

New York bahkan menjadi rumah bagi sejumlah pusat kesehatan, termasuk Natural Gourmet Cookery School, yang menawarkan empat kursus makan malam vegetarian setiap hari Jumat.

Mexico City, Meksiko

Tidak jauh beda dengan New York, Mexico City juga menyediakan apa pun yang diinginkan kaum vegan. Di kota ini ada banyak restoran yang khusus disediakan untuk kaum vegan, yang hanya menyediakan masakan vegetarian. Di sana juga terdapat aneka toko makanan kesehatan, meliputi Super Soya, The Green Corner, dan Vegi Market.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Makanan & Minuman 8640328002818249770

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item