Mengapa Kita Memiliki Sepuluh Jari Tangan dan Sepuluh Jari Kaki?

Mengapa Kita Memiliki Sepuluh Jari Tangan dan Sepuluh Jari Kaki?
Ilustrasi/vitaes.de
Masing-masing tangan dan kaki kita dilengkapi lima jari, hingga tangan punya sepuluh jari dan begitu pula dengan kedua kaki. Beberapa orang, karena kelainan genetik atau penyebab lain, kadang lahir dengan jumlah jari yang lebih atau kurang dari lima, namun umumnya manusia memiliki lima jari pada masing-masing tangan dan kaki.

Mengapa kita memiliki sepuluh jari pada tangan dan kaki? Menurut para ilmuwan yang meneliti hal ini, alasannya adalah keseimbangan. Manusia membutuhkan lima jari pada masing-masing tangan dan kaki, untuk keseimbangan dalam menjalani kehidupan. Jika jumlah jari kita kurang atau lebih dari lima, kita akan menghadapi banyak kesulitan.

Andai masing-masing kaki kita hanya memiliki empat jari, misalnya, kita akan kesulitan berjalan. Begitu pun, kalau misal kaki kanan memiliki enam jari dan kaki kiri hanya memiliki empat jari, kita juga akan kesulitan melangkah. Selain itu, para ahli menyatakan bahwa ibu jari—yang ukurannya lebih besar dibanding jari kaki yang lain—memiliki fungsi penting untuk menyeimbangkan tubuh saat berjalan, dan memberi tekanan pada tubuh saat melompat.

Hal yang tak jauh beda terjadi pada tangan kita, yang masing-masing memiliki lima jari. Kita akan mengalami kesulitan andai jari-jari di tangan kita hanya ada empat, atau mungkin enam. Saat membuka/memutar tutup botol, misalnya, kita menggunakan kelima jari, dan aktivitas itu pun terasa mudah. Hasilnya akan berbeda kalau, misalnya, kita membuka tutup botol tanpa ibu jari.

Lima jari di tangan memungkinkan kita melakukan banyak hal dengan cukup mudah, dan kenyataan itu memungkinkan kita beraktivitas dengan baik tanpa terlalu banyak kesulitan.

Ada seorang ahli neurobiologis teoritis, bernama Mark Changizi, yang memiliki teori bernama Hukum Anggota Badan. Mark Changizi mengembangkan Hukum Anggota Badan sebagai rumus matematika yang dapat digunakan untuk menjelaskan jumlah anggota tubuh yang dibutuhkan serangga, hewan, dan manusia, untuk beraktivitas.

Hukum Anggota Badan menyatakan bahwa semakin pendek anggota badan, maka semakin banyak anggota tubuh yang diperlukan. Untuk jari tangan dan jari kaki, Changizi mengatakan hal itu merupakan bagian dari tangan dan kaki kita.

Manusia membutuhkan cukup banyak jari tangan dan kaki untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu, seperti mengepalkan tangan dan memegang benda. Perhitungan Hukum Anggota Badan menemukan bahwa jumlah jari yang tepat untuk tangan dan kaki manusia adalah lima. Karenanya, anak yang lahir dengan jumlah jari ekstra pada tangan atau kaki biasanya akan melakukan operasi pengangkatan jari.

Para ilmuwan meyakini, sepuluh jari pada tangan dan kaki manusia adalah jumlah yang tepat. Jika manusia memiliki jari ekstra, misalnya menambahkan jari keenam pada tangan atau kaki, tambahan itu justru tidak menguntungkan. Manusia tidak membutuhkan jari keenam untuk memegang benda.

Kemungkinan besar, adanya jari keenam justru dapat menghambat aktivitas, termasuk saat mengepalkan tangan. Kenyataan itu pula yang digunakan para ilmuwan saat menciptakan robot mirip manusia dengan lima jari. Salah satu alasannya untuk memaksimalkan pekerjaan.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 3323577951114862058

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item