Kota-Kota Dunia Mana yang Paling Nyaman untuk Berbelanja?

Kota-kota Dunia Mana yang Paling Nyaman untuk Berbelanja?
Buenos-Aires/kimaroundtheworld.nl
Jaringan televisi CNN memetakan dan mencari 10 kota di dunia yang paling nyaman untuk berbelanja. Dalam studi itu, mereka mengundang para penggemar belanja dan konsultan fashion dari Donegar Creative Services dan juru bicara Global Blue, Marie Bergleft.

Hasilnya diterbitkan dalam Globe Shopper City Index. Para juri mengurutkan kota-kota yang terpilih berdasarkan skor 1-10, dan Kuala Lumpur menjadi satu-satunya kota di Asia Tenggara yang masuk daftar pilihan mereka.

Dalam menentukan kota-kota yang dianggap paling nyaman untuk berbelanja, ada empat kategori utama yang dijadikan patokan, yaitu keterjangkauan (diukur dari kualitas angkutan umum, kemudahan akses, dan ketersediaan taksi), nilai yang menyangkut peluang tawar-menawar (termasuk musim diskon dan harga rata-rata), ragam yang meliputi merek yang tersedia (berbagai kategori belanja, jumlah toko kelas atas, department store, butik, dan pengecer vintage, hingga kios), dan pengalaman (yang meliputi keindahan kota, kualitas display dan dekorasi toko, keramahan dan kompetensi pegawai dan staf, makanan, serta pilihan akomodasi).

Berikut ini adalah kota-kota yang dianggap surga belanja dunia versi CNN.

New York

New York terpilih di urutan pertama dalam daftar ini, karena memiliki begitu banyak keanekaragaman dalam gaya dan interpretasi dalam dunia mode. Stella Lee, fashion editor dan stylist, yang menjadi salah satu juri, mengaku menyukai Rare Vintage untuk barang-barang antik dan unik.

Selain itu, ia menyatakan, “Anda dapat menemukan potongan-potongan dari setiap zaman di sini, termasuk dari rumah-rumah mode seperti Galanos, Dior, Givenchy, Ungaro, Pierre Cardin, Ossie Clark, dan banyak lagi.”

Tokyo

Menurut Globe Shopper City Index, Tokyo adalah tempat belanja keempat termurah di Asia. Pusat belanja raksasa Tokyo ada di Shinjuku, dengan delapan bangunan terpisah yang membentang sepanjang dua blok. Umumnya, toko-toko di sana mempekerjakan karyawan asal Cina dan Korea yang fasih berbahasa Inggris.

London

Sebagai salah satu kota besar dunia, London bisa dibilang memiliki banyak hal. Meski tarif taksi di kota itu terbilang mahal, namun para turis biasanya puas setelah sampai di tempat belanja dengan menemukan aneka produk fashion kualitas premium.

Dalam catatan Globe Shopper City Index, London melampaui semua kota-kota Eropa lainnya, baik dalam jumlah toko maupun ketersediaan merek internasional dan lokal. Liberty Department Store adalah yang paling terkenal, dengan eksterior bergaya Tudor dan perapian.

Kuala Lumpur

Tiga dari sepuluh mal terbesar di dunia terdapat di Kuala Lumpur, termasuk 1 Utama, mal terbesar keempat di dunia yang memiliki lebih dari 650 toko, ruangan fasilitas panjat tebing terbesar di Asia, taman atap besar dengan 500 spesies tanaman eksotis, dan hutan hujan indoor dengan kolam ikan koi serta akuarium air tawar.

Pusat-pusat perbelanjaan di Kuala Lumpur tampaknya memang mengagungkan ukuran, sehingga rata-rata mal di sana memiliki skala raksasa. Kuala Lumpur masuk daftar ini, karena kombinasi tempat belanja kualitas tinggi, harga yang terjangkau, dan penjual yang ramah.

Bagi yang suka belanja, tanggal 10 November sampai 31 Desember adalah waktu yang tepat untuk shopping, karena banyak penawaran diskon di sana.

Paris


Para penggila belanja belum dibilang “gaul” sebelum shopping ke Paris. Toko-toko terbaik di Paris tidak sekadar menjual pakaian—mereka juga menjual gaya hidup. Semua barang, dari yang murah hingga super-mahal, ada di sini. Colette, misalnya, menawarkan harga miring dari barang bermerek. Juga barang-barang tak biasa, seperti Bling H2O, botol minuman dengan hiasan kristal Swarovski.

Di Paris, salah satu tempat belanja terkenal adalah Le Bon Marché, yang didirikan pada 1850-an. Tempat itu juga dikenal sebagai surga makanan—lebih dari 5.000 resto membuka gerai sepanjang lorongnya. Selain itu, Printemps juga menjadi tujuan wisata-belanja, karena memiliki departemen kecantikan terbesar di dunia.

Di atas semuanya itu, siapa pun yang suka berburu fashion pasti mengenal Galeries Lafayette Extravagant, toko pakaian papan atas yang menjadi incaran kalangan elit di dunia. Setiap Jumat, pukul 15.00, ada fashion show gratis dengan komentator berbahasa Inggris di sana, namun untuk mengikutinya perlu reservasi sebelumnya.

Hong Kong

CNN menilai, Hong Kong adalah kota belanja terbaik di Asia. Dalam penelitian Globe Shopper City Index, diketahui sebanyak 76 persen wisatawan yang belanja di Hong Kong menyatakan puas.

Kawasan belanja yang paling terkenal di Hong Kong adalah Fang Fong Projects, yang menyediakan label lokal Fang Fong, pakaian modern dengan sentuhan Asia. Sementara distrik paling keren di Hong Kong versi CNN adalah Kapok Kapok, Club Monaco Men’s Store, Monocle di Starstreet Precinct, Wanchai, dan St. Francis Yard.

Buenos Aires

Buenos Aires terkenal dengan tariannya, namun wisata belanja di sana juga tak kalah terkenal. Di sana, berbagai barang yang terbuat dari kulit berkualitas tinggi dengan harga terjangkau mudah dijumpai.

Mocasines Guido, misalnya, adalah toko terkenal yang menjual sepatu kulit untuk pria. Didirikan pada tahun 1952, mereka kini memiliki gerai di tiga lokasi di Buenos Aires. Sementara Calle Murillo menjadi kawasan yang terkenal, karena jalan di sana penuh dengan toko-toko kulit yang juga menawarkan layanan jahit. Satu yang paling terkenal adalah Murillo 666.

Wina

Jika ingin berbelanja sambil menikmati pemandangan kota yang eksotis, Wina bisa menjadi tempat pilihan. Di Naschmarkt, yang sudah berusia berabad-abad, para wisatawan akan menemukan barisan tempat makan sepanjang 1,5 kilometer dari 120 penjual makanan lokal.

Menu yang disediakan mulai dari kaiserschmarrn (makanan penutup mirip pancake), hingga palatschinke yang terbuat dari keju eksotis dan makanan laut.

Selama musim Natal, para wisatawan dapat menemukan pernak-pernik kaca dan ornamen buatan tangan lainnya, sambil menyeruput glühwein di Wina.

Dubai

Dubai, Uni Emirat Arab, terkenal karena kemewahan dan glamornya. Di sana terdapat Dubai Mall, yang menjadi mal terbesar di dunia dalam hal luas, dengan tema taman, air terjun, air mancur ‘menari’, arena seluncur es seukuran Olimpiade, akuarium, hingga indoor souk alias mal dalam mal.

Dubai Mall juga menjadi tuan rumah tahunan Dubai Shopping Festival pada bulan Januari dan Februari, dengan diskon hingga 70 persen untuk barang-barang elektronik, pakaian, dan barang-barang populer lainnya. Mal mewah lainnya, Mall of the Emirates, dilengkapi dengan resor ski indoor pertama di Timur Tengah.

Madrid

Madrid menjadi kota di urutan terbawah dalam daftar ini, namun menduduki peringkat ketiga untuk harga terbaik pada barang-barang mewah, berdasarkan Globe Shopper City Index.

Di Madrid, ada toko yang menjual barang-barang unik, bernama Capas Sesena. Didirikan pada tahun 1901, toko itu menjual wol tradisional dan jubah beludru katun untuk pria dan wanita. Pelanggannya termasuk aktor Hollywood Pierce Brosnan, dan Hillary Clinton, istri presiden Amerika. Sementara seniman terkenal Pablo Picasso konon dimakamkan dengan jubah yang dibeli dari toko ini.

Tempat lain yang juga menjadi surga bagi penggemar pernak-pernik adalah Casa de Diego, yang menyediakan sisir hias sampai alat musik. Yang paling populer di sini adalah payung dengan gagang perak berukir.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 4548661620466318387

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item