Bagaimana Cara Ngupil yang Baik dan Sehat?

 Bagaimana Cara Ngupil yang Baik dan Sehat?
Ilustrasi/jabarnews.com
Ngupil adalah aktivitas membersihkan hidung dari kotoran yang biasa muncul di dalamnya. Ngupil umumnya dilakukan dengan jari, dan kita melakukannya karena merasa gatal, karena merasa ada kotoran atau upil yang perlu dikeluarkan, atau... bisa jadi pula karena kita memang senang melakukannya.

Bagaimana cara ngupil yang baik?

Jawaban untuk pertanyaan itu mungkin terkait etika. Artinya, kita perlu melihat di mana kita berada, sebelum melakukan aktivitas ngupil, tak peduli secinta apa pun kita pada aktivitas tersebut. Karena, meski mungkin terasa nikmat bagi pelakunya, belum tentu nikmat pula bagi yang melihat.

Karenanya, saat berada di tengah banyak orang—misal sedang makan bersama—tahanlah hasrat untuk ngupil. Tunggu sampai sendirian, tidak ada orang lain, untuk melakukan aktivitas itu. Kalaupun terpaksa, misal karena merasakan hidung sangat gatal, ada baiknya untuk menyingkir sejenak dari orang-orang lain, untuk kemudian membersihkan hidung yang terasa gatal.

Bagaimana cara ngupil yang sehat?

Kebanyakan orang ngupil dengan jari telanjang. Meski terlihat biasa, sebenarnya kebiasaan itu bisa berbahaya. Jika jari kita tidak bersih, atau kebetulan kuku kita mengandung kotoran dan infeksi, kesehatan hidung kita bisa terancam. Selain itu, kuku jari yang panjang dan tajam bisa melukai bagian dalam hidung. Untuk itu, pastikan jari kita bersih sebelum memasukkannya ke dalam hidung.

Sekadar saran, ada baiknya kita membiasakan untuk ngupil menggunakan tisu. Kita bisa menggunakan tisu gulung yang putih dan bersih, untuk melapisi jari yang digunakan untuk ngupil. Selain membantu melindungi hidung dari kemungkinan jari yang kotor, menggunakan tisu untuk ngupil juga bisa membantu kita menyadari jika ternyata ada masalah.

Kertas tisu yang putih lebih mungkin untuk memaparkan keanehan yang mungkin terjadi, terkait upil di hidung kita. Jika tisu menunjukkan bercak merah, misalnya, bisa jadi ada luka di dalam hidung yang mengeluarkan darah.

Selain itu, jika upil kita tampak “tidak seperti biasa”—dan hal itu bisa terlihat jelas jika kita ngupil memakai tisu—bisa jadi kita mengalami reaksi alergi atau terkena sesuatu. Jika tanda-tanda itu disertai gejala lain, seperti demam, segera periksakan ke dokter.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 5450476238698213528

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item