Mengapa Bentuk Payudara Berubah Saat Usia Makin Tua?

Mengapa Bentuk Payudara Berubah Saat Usia Makin Tua?
Ilustrasi/desilusion.com
Payudara, sebagaimana bagian tubuh lain, mengalami perubahan dari waktu ke waktu, seiring pertambahan usia. Payudara wanita, yang semula kencang dan penuh ketika masih muda, perlahan berubah mengendur dan tidak sepadat semula ketika usia makin menua. Karena jaringan dan struktur payudara berubah, dan hal itu disebabkan perbedaan kadar hormon reproduksi akibat proses penuaan.

Tubuh wanita menghasilkan hormon reproduksi yang disebut estrogen. Seiring usia makin menua, produksi hormon estrogen akan menurun, dan berkurangnya jumlah estrogen menyebabkan kulit serta jaringan ikat payudara jadi kurang terhidrasi, sehingga jadi tidak kencang dan penuh seperti semula.

Karena tidak lagi kencang dan penuh, hasilnya bentuk payudara jadi lebih panjang dan longgar (ada ruang lebih luas di antara dua payudara). Saat proses penuaan terjadi, jaringan payudara yang padat digantikan oleh jaringan lemak.

Sebagian besar perubahan bentuk payudara juga terjadi pada periode menopause. Menopause adalah proses alami selama ovulasi, ketika perempuan tidak lagi mengalami menstruasi. Hal ini biasanya dialami pada rentang usia 45 sampai 55 tahun. Seorang perempuan resmi memasuki masa menopause, ketika sudah tidak menstruasi selama 12 bulan.

Penyebab lain yang bisa menjadikan bentuk payudara berubah adalah indung telur yang diangkat melalui proses operasi.

Yang perlu diingat, perubahan bentuk payudara karena proses penuaan adalah hal normal, dan tidak perlu dikhawatirkan.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Anatomi 1613238448226012832

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item