Apa Perbedaan Gigi Anjing dengan Gigi Manusia?

Apa Perbedaan Gigi Anjing dengan Gigi Manusia?
Ilustrasi/istimewa
Anjing dan manusia sama-sama memiliki gigi di dalam mulut mereka, dan fungsi gigi umumnya adalah untuk mengunyah atau mencabik makanan/mangsa. Meski begitu, ada perbedaan antara gigi manusia dan gigi anjing.

Pertama, jumlah gigi manusia dewasa berbeda dengan jumlah gigi anjing. Manusia dewasa memiliki 32 gigi, sedangkan anjing dewasa memiliki 42 gigi.

Kedua, susunan dan ukuran gigi manusia berbeda dengan anjing. Rahang dan gigi manusia dirancang terutama untuk mengunyah, terlihat dari gigi geraham yang cukup besar dengan permukaan datar, yang cocok untuk mengunyah makanan.

Sementara bentuk dan susunan gigi anjing cenderung tajam dan runcing, dan hal itu sesuai dengan pola makannya. Gigi yang tajam dan runcing milik anjing digunakan terutama untuk memotong dan merobek daging mangsa. Anjing tidak seperti manusia, mereka tidak banyak mengunyah makanan, tetapi langsung menelannya.

Anjing berukuran besar atau ras besar memiliki jumlah gigi yang sama dengan anjing ras kecil. Perbedaannya terletak pada ukuran rahang dan susunan gigi. Pada anjing ras kecil, jarak antara satu gigi dengan yang lain lebih dekat. Hal itu membuat karang gigi pada anjing ras kecil lebih mudah terbentuk.

Karena itu, sekadar saran, pastikan untuk rajin menyikat gigi anjing kesayanganmu, untuk mencegah pembentukan karang gigi.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 6989807321601108101

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item