Apa Penyebab Jerawat, dan Bagaimana Proses Terbentuknya?

Apa Penyebab Jerawat, dan Bagaimana Proses Terbentuknya?
Ilustrasi/garnier.co.id
Jerawat bisa muncul di tubuh kita, khususnya di bagian wajah, dan prosesnya berawal dari produksi sebum oleh kelenjar minyak di dalam kulit kita. Sebum adalah zat minyak yang berfungsi sebagai pelumas alami kulit.

Setelah diproduksi oleh kelenjar minyak, sebum akan keluar dari folikel melalui pori-pori, menuju permukaan kulit. Folikel adalah bagian dalam pori-pori kulit yang merupakan tempat tumbuhnya rambut, kelenjar minyak, dan kelenjar keringat.

Kadang-kadang, sebum tidak dapat keluar dari folikel, karena pori-pori tersumbat. Sumbatan itu terbentuk dari campuran sebum, sel kulit mati, dan rambut. Hal itulah yang lalu menjadi cikal-bakal penyebab jerawat.

Jerawat terbentuk ketika bakteri menginfeksi sumbatan tersebut, dan sebum menumpuk di dalam folikel. Infeksi bakteri kemudian memicu reaksi peradangan yang ditandai dengan pembengkakan, nyeri, dan kemerahan.

Tingkat keparahan jerawat tergantung pada jenis bakteri yang menginfeksi. Tidak semua bakteri pada kulit dapat menyebabkan jerawat. Biasanya, bakteri yang paling sering menjadi pemicu jerawat adalah Propionibacterium acnes.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 1760031041603679940

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item