Mengapa Jerawat Selalu Muncul Sebelum Datangnya Haid?

Mengapa Jerawat Selalu Muncul Sebelum Datangnya Haid?
Ilustrasi/shopback.co.id
Haid atau menstruasi kerap ditandai dengan nyeri perut, kembung, perubahan mood, hingga munculnya jerawat. Pembentukan jerawat sebelum menstruasi tidak berbeda dengan penyebab jerawat pada umumnya.

Rata-rata siklus menstruasi berlangsung selama 14 hari. Sepanjang siklus itu, beberapa hormon tubuh mengalami perubahan, seperti hormon estrogen dan progesteron. Produksi hormon estrogen meningkat selama 14 hari pertama, sedangkan progesteron baru meningkat pada 14 hari berikutnya.

Mendekati waktu menstruasi, kadar kedua hormon itu akan menurun. Seiring dengan itu, produksi hormon testosteron tidak berubah. Testosteron adalah hormon reproduksi pria, tapi wanita juga memilikinya dalam jumlah sedikit. Namun, meski sedikit, jumlah testosteron selama menstruasi cenderung lebih tinggi dibandingkan estrogen dan progesteron, karena produksi keduanya sedang menurun.

Jumlah testosteron yang tinggi itulah yang menjadi penyebab jerawat muncul sebelum menstruasi. Pasalnya, kadar testosteron yang tinggi selama menstruasi menyebabkan produksi sebum meningkat.

Sebum adalah zat minyak yang berfungsi sebagai pelumas alami kulit. Bagi sebagian wanita, bertambahnya sebum dapat membuat wajah tampak lebih cerah. Namun, produksi sebum yang berlebih juga bisa menyumbat pori-pori, dan memicu jerawat.

Jerawat bisa muncul semakin banyak, saat jumlah hormon progesteron kembali meningkat. Pasalnya, jumlah hormon progesteron yang meningkat akan menyebabkan kulit membengkak. Pori-pori pun mengecil, sehingga sebum terjebak di dalam folikel, dan menghasilkan jerawat.

Berdasarkan kenyataan ini, penyebab jerawat sebelum menstruasi berasal dari perubahan hormon, dan bukan karena kurang menjaga kebersihan wajah.

Meski begitu, orang yang rentan mengalami tumbuhnya jerawat sebelum menstruasi dapat mencegahnya dengan cara rajin membersihkan wajah secara rutin, menghindari kosmetik yang mengandung minyak, selalu membersihkan riasan wajah setelah beraktivitas, tidak menyentuh wajah dengan tangan, hingga mengonsumsi makanan bergizi yang seimbang, serta membatasi makanan tinggi lemak dan gula.

Menghindari jerawat sebelum menstruasi bisa dibilang sulit, karena penyebabnya adalah kondisi yang berasal dari tubuh. Perubahan hormon tidak dapat dicegah, jadi yang bisa dilakukan adalah mencegah jerawat bertambah parah.

Jerawat akan kembali hilang setelah masa menstruasi selesai. Namun, apabila jerawat yang muncul terasa mengganggu, berkonsultasi dengan dokter bisa menjadi solusi yang baik.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 597797386576683342

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item