Mengapa di Dalam Hidung Kita Terdapat Lendir?

Mengapa di Dalam Hidung Kita Terdapat Lendir?
Ilustrasi/hellosehat.com
Dalam keadaan normal, hidung kita memang akan basah, karena adanya lendir atau mukus hidung. Kadang pula kita menyebutnya ingus, ketika jumlahnya banyak. Mukus hidung dihasilkan oleh kelenjar mukus di jaringan epitel, yang terdapat di dalam rongga hidung. Mukus hidung cenderung lengket dan kental.

Keberadaan lendir di dalam hidung adalah hal penting dalam sistem pernapasan manusia maupun hewan. Hidung adalah bagian tubuh luar yang terhubung dengan bagian dalam tubuh, khususnya terkait sistem pernapasan. Keberadaan lendir di dalam hidung berfungsi menyaring kotoran melalui rongga hidung, sehingga tidak mencapai paru-paru.

Ketika kita bernapas melalui hidung, selalu ada kemungkinan kotoran masuk ke dalamnya. Kotoran-kotoran yang ikut melewati hidung bersama udara akan disaring oleh silia dan lendir yang ada di rongga hidung, sehingga tidak ikut masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, lendir hidung juga berfungsi untuk mempertahankan suhu, dan sebagai pertahanan tubuh terhadap bakteri. Ingus di dalam hidung mengandung sel-sel serta protein immunoglobulin yang melawan benda asing, seperti bakteri dan virus.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 1808509071605713902

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item