Kota-Kota Mana yang Paling Aman untuk Tempat Tinggal?

Kota-Kota Mana yang Paling Aman untuk Tempat Tinggal?
Osaka, Jepang/tribunnews.com
Keamanan tempat tinggal adalah prioritas penting yang dipikirkan ketika seseorang ingin pindah ke suatu tempat. Karena, seindah apa pun, orang tentu akan berpikir berkali-kali jika harus tinggal di sebuah kota yang jelas-jelas tidak aman. Lalu kota mana sajakah yang aman untuk ditinggali?

Economist Intelligence Unit’s (EIU), sebuah lembaga yang intens dalam mempelajari tingkat keamanan kota, melakukan studi terhadap hal ini, untuk mencari dan menemukan kota-kota mana saja di dunia yang bisa dianggap paling aman. Dalam studi yang dilakukan, mereka menentukan beberapa hal penting berikut ini, sebagai standar keamanan:
  • Keamanan digital, meliputi privasi penggunaan internet, pencurian identitas, dan lain-lain.
  • Jaminan kesehatan, meliputi biaya layanan kesehatan, kualitas layanan kesehatan, lingkungan kesehatan, dan lain-lain.
  • Infrastruktur keamanan, meliputi kondisi jalan, jembatan, bangunan, dan lain-lain.
  • Keselamatan pribadi, meliputi kejahatan, penculikan, perampokan, dan lain-lain.

Dari empat poin penting itu, mereka menyusun daftar kota-kota mana saja yang paling memenuhi semua kriteria, lalu mengurutkannya hingga terdapat 50 kota yang mereka anggap paling aman untuk dijadikan tempat tinggal. Dari 50 kota tersebut, berikut ini sepuluh kota yang menempati peringkat teratas sebagai kota paling aman untuk tempat tinggal.

Tokyo, Jepang

Tokyo menempati peringkat teratas sebagai kota paling aman di dunia, karena memiliki keamanan digital dan standar hidup yang tinggi. Kota ini dihuni oleh lebih dari 13 juta jiwa, yang memiliki ciri khas para pekerja keras.

Tokyo juga terkenal sebagai kota dengan teknologi canggih, yang memiliki pendapatan per kapita tertinggi dalam daftar kota menengah ke atas. Semua faktor itu menjadikan Tokyo memiliki tingkat kriminalitas yang dapat terus ditekan.

Singapura


Singapura adalah kota modern yang aman ditinggali, karena tingkat kriminalitas di kota ini sangat rendah. Rendahnya angka kejahatan itu disebabkan karena pemerintah memberlakukan aturan yang tegas untuk setiap pelanggaran.

Singapura juga menjadi kota dengan pendapatan per kapita tetinggi di dunia. Kombinasi itu—pendapatan yang tinggi sekaligus aturan hukum yang tegas—menjadikan Singapura benar-benar aman sebagai tempat tinggal.

Osaka, Jepang


Selain Tokyo, kota lain di Jepang yang juga aman ditinggali adalah Osaka. Kota ini sangat baik dalam hal keselamatan pribadi dan kesehatan. Osaka juga termasuk kota yang relatif kaya dibandingkan kota-kota lain dalam daftar kota paling aman di dunia.

Selain itu, Osaka juga merupakan kota yang sangat akrab dengan teknologi canggih, dan memiliki pendapatan per kapita tertinggi kedua di antara kota menengah ke atas di dunia.

Stockholm, Swedia

Stockholm hanya dihuni sekitar 900.000 penduduk, dan kota ini memiliki sistem kesehatan yang baik, serta sistem keamanan digital yang sama baik. Kualitas hidup yang baik, serta pemerintahan yang juga berfungsi baik, menjadikan penduduk Stockholm puas dengan kehidupan mereka.

Selain itu, Swedia juga memiliki sistem perawatan kesehatan universal untuk rakyatnya, sehingga masuk dalam daftar 5 besar kota non-Asia dengan keselamatan pribadi dan kesehatan terbaik.

Amsterdam, Belanda

Amsterdam tidak hanya memiliki sistem keamanan yang baik, tapi juga kualitas kesehatan yang terjaga. Kota ini sudah terkenal sebagai kota hijau yang asri, dengan tingkat polusi yang rendah.

Berbeda dengan kota-kota terkenal lain yang umumnya padat dengan kendaraan bermotor, penduduk Amsterdam justru lebih suka bersepeda. Kebiasaan itu tidak hanya menjadikan kota ini jauh dari kemacetan, tapi juga ikut menjaga lingkungan lebih bersih karena minim polusi.

Sydney, Australia

Sydney adalah kota yang glamor dengan gaya hidup yang modern. Kota ini dihuni oleh sekitar 4 juta jiwa, dan penduduk di sana merasa aman karena Sydney memiliki sistem keamanan yang baik, meliputi keamanan infrastruktur dan keamanan pribadi.

Meski kota ini memiliki gaya hidup khas kota besar, namun tingkat krimintalitas di sana tergolong rendah, sehingga nyaman ditinggali.

Zurich, Swiss

Dalam urusan kesehatan dan keamanan infrastruktur, Zurich benar-benar hebat. Kota ini juga memiliki sistem transportasi yang dirancang dengan sangat baik, sehingga penduduk di sana bisa bepergian dengan aman dan nyaman.

Dengan penghasilan per kapita yang sangat tinggi, sistem kesehatan dan keamanan yang terjaga, serta lingkungan yang bersih dan minim polusi, Zurich benar-benar aman untuk dijadikan tempat tinggal.

Toronto, Kanada

Dalam indeks Economist Intelligence Unit’s (EIU), Toronto memiliki banyak aspek yang sangat bagus, yang menjadikan kota ini masuk dalam daftar kota-kota paling aman di dunia untuk ditinggali.

Toronto memiliki lingkungan bisnis, demokrasi yang kuat, makanan sehat, biaya hidup yang relatif murah, dan tingkat kejahatan yang rendah. Toronto juga memiliki keamanan infrastruktur dan keamanan pribadi yang yang terjaga.

Melbourne, Australia

Selain Sydney, Melbourne juga termasuk kota di Australia yang memiliki standar keamanan serta kesehatan yang baik. Kota ini dihuni oleh sekitar 4 juta jiwa, dan memiliki angka harapan hidup yang sangat tinggi, mencapai 86 tahun.

Hal itu tak bisa dilepaskan dari tingkat kesehatan kota ini yang benar-benar terjaga. Melbourne sangat minim polusi, sementara sistem kesehatan beserta sistem keamanan dirancang dengan sangat bagus.

New York, Amerika Serikat

Pada era 1990-an, New York pernah menjadi kota yang sangat buruk, dengan tingkat kriminalitas yang sangat tinggi. Pada masa itu, dalam sehari bisa terjadi 6 kali pembunuhan, hingga menjadikan New York sangat mengerikan untuk ditinggali.

Tetapi, sekarang, kota besar itu telah berubah dan terus berbenah, hingga menjadi kota yang jauh lebih baik. Bahkan, kini New York termasuk kota yang aman ditinggali, karena memiliki jaminan kesehatan yang baik dan keamanan digital yang terjaga.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 8135848524387511417

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item