Kota-Kota Mana saja yang Paling Berpengaruh Dalam Sejarah?

Kota-Kota Mana saja yang Paling Berpengaruh Dalam Sejarah?

Tidak banyak kota yang memiliki pengaruh besar dalam sejarah—sebentuk pengaruh yang masih dapat terlihat atau terasa di zaman sekarang, padahal telah ada sejak ribuan atau setidaknya ratusan tahun yang lalu.

Beberapa kota di masa lampau memiliki prestasi luar biasa, yang kemudian menjadikan kota-kota tersebut terlihat paling menonjol dalam peradaban manusia. Kota-kota itu juga kemudian menjadi kiblat bagi banyak hal terkait peradaban dan kebudayaan, sehingga memiliki pengaruh dalam sejarah manusia.

Seperti yang disebut di atas, tidak banyak kota yang memiliki pengaruh besar semacam itu. Di antara yang tidak banyak, berikut ini di antaranya.

Paris, Prancis

Pada masa sekarang, Paris mungkin lebih dikenal sebagai kota mode dan kota yang memiliki menara terkenal bernama Eiffel. Namun, sebenarnya, Paris tidak sebatas itu. Dalam sejarah, Paris memiliki peran yang sangat besar dalam kebudayaan Eropa, juga telah memiliki pengaruh yang luas dalam bidang fashion pada abad pertengahan.

Sejak zaman dahulu, Paris telah terlihat sangat modern, sehingga menjadi inspirasi bagi kota-kota lain di Eropa. Bahkan, ibu kota Prancis ini juga menjadi salah satu pusat yang melahirkan ide-ide sosial dan politik yang mengubah dunia.

Ur, Irak

Ur adalah kota yang ada di Irak. Berdasarkan keyakinan, nama kota ini diambil dari orang yang pertama kali mendirikan pemukiman di sana.

Di masa awal pendiriannya, Ur hanyalah sebuah desa kecil pada zaman 5000-4100 sebelum Masehi, lalu berkembang menjadi salah satu kota yang paling berpengaruh pada zamannya. Ur menjadi kota pelabuhan yang berpengaruh di Teluk Persia, dan kota itu juga memiliki banyak pengaruh dalam bidang sosial, politik, ekonomi, perdagangan, serta banyak hal lain.

Konstantinopel, Turki

Mungkin kurang tepat jika disebut Konstantinopel ada di Turki. Namun, yang jelas, Konstantinopel adalah wilayah yang sekarang bernama Istambul, dan berada di Turki.

Konstantinopel adalah kota yang memiliki pengaruh besar serta paling bersejarah di dunia. Kota ini didirikan oleh orang-orang Yunani kuno, ribuan tahun yang lalu. Pengaruh besar yang ditimbulkan Konstantinopel adalah arsitektur-arsitektur bangunannya, yang kemudian mempengaruhi kota-kota lain di dunia.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 4252246654805809170

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item