Kota-Kota Mana yang Memiliki Bangunan Termegah di Dunia?

Kota-Kota Mana yang Memiliki Bangunan Termegah di Dunia?
Dubai, Uni Emirat Arab/kompas.com
Masing-masing negara memiliki kota besar atau kota yang terkenal, dan masing-masing kota besar selalu berusaha menunjukkan kebesarannya. Salah satu upaya untuk itu adalah dengan membangun gedung mewah, megah, atau spektakuler, yang akan menjadi semacam ikon bagi kota bersangkutan.

Dubai, misalnya, membangun Burj Khalifa, gedung yang tidak hanya tinggi menjulang ke langit, namun juga sangat mewah.

Keberadaan bangunan-bangunan megah yang tersebar di banyak kota dunia itu pun kenyataannya menjadikan nama kota ikut terangkat. Semakin populer suatu kota, semakin banyak pula wisatawan yang berdatangan.

Karenanya, kota-kota yang memiliki bangunan paling megah umumnya juga menjadi kota-kota tujuan wisata. Berikut ini kota-kota yang terkenal memiliki bangunan paling megah di dunia.

Dubai, Uni Emirat Arab

Setiap kali mendengar nama Dubai, benak kebanyakan orang akan langsung membayangkan gedung tertinggi di dunia yang ada di sana, yaitu Burj Khalifa.

Semula, Burj Khalifa bernama Burj Dubai. Gedung pencakar langit itu diresmikan pada 4 Januari 2010, dan memiliki ketinggian 828 meter. Sebegitu populer gedung ini, hingga digunakan untuk lokasi syuting film Mission Impossible: Ghost Protocol, yang dibintangi Tom Cruise.

London, Inggris

London memiliki gedung pencakar langit terkenal, bernama St. Mary Axe, yang berdiri menjulang di tengah-tengah kota. St. Mary Axe memiliki ketinggian 180 meter (591 kaki), dan memiliki total 40 lantai.

Sebenarnya, gedung ini merupakan yang tertinggi kedua di sana, karena gedung tertinggi di London adalah One Canada Square. Namun, yang menjadikan St. Mary Axe lebih terkenal, karena bangunan ini memiliki desain yang unik sekaligus megah.

Selain St. Mary Axe, London juga memiliki gedung lain yang tak kalah megah, dengan keindahan luar biasa, yaitu Istana Westminster, atau Westminster Palace. Bangunan yang merupakan gedung parlemen atau House of Parlemen ini berada di tepi utara sungai Thames.

UNESCO menjadikan bangunan tersebut sebagai Situs Warisan Dunia, bersama dengan Westminster Abbey dan Gereja Saint Margaret’s, yang juga ada di sana.

Hong Kong

Di Hong Kong, bangunan yang paling megah adalah International Finance Center (IFC). Gedung itu merupakan kantor komersial terpadu yang ada di tepi pantai Distrik Tengah, Hong Kong.

International Finance Center bukan gedung tertinggi di Hong Kong, karena di sana ada International Commerce Center, di Kowloon Barat, yang ukurannya lebih tinggi. Meski begitu, International Finance Center terkenal paling megah, dan menjadi gedung perkantoran tertinggi ke-8 di dunia.

Sementara International Commerce Center, yang populer disebut ICC Tower, merupakan gedung tertinggi di Hong Kong. Gedung ini memiliki tinggi 484 meter (1.590 kaki), dan menjadikannya sebagai gedung tertinggi ke-4 di dunia berdasarkan tingginya, juga gedung tertinggi ke-2 berdasarkan lantai yang dimilikinya. ICC Tower merupakan bagian dari proyek Union Square, dan dibangun di atas Stasiun Kowloon.

Shanghai, Cina

Di Shanghai, gedung yang terkenal sangat megah adalah Jin Mao Building, yang merupakan bangunan perkantoran dan sebuah hotel, bernama Shanghai Grand Hyatt.

Jin Mao Building diakui sebagai gedung tertinggi di Cina, gedung tertinggi ke-5 di dunia berdasarkan ketinggian gedung, dan gedung tertinggi ke-7 dunia berdasarkan ketinggian pinnacle. Jin Mao Building memiliki 88 lantai, dan berada di area Lujiazui, Distrik Pudong, Shanghai.

Selain Jin Mao Building, Shanghai juga memiliki gedung lain yang tak kalah megah, yaitu Shanghai World Financial Center, atau biasa disingkat SWFC. Gedung ini terdiri dari perkantoran, hotel, ruang konferensi, dek pengamatan, sekaligus mal, dan memiliki total 492 meter, menjadikannya sebagai gedung pencakar langit tertinggi di Shanghai.

Taipei, Taiwan

Di Distrik Xinyi, Taipei, terdapat sebuah bangunan gedung megah yang populer disebut Taipei 101. Sebagaimana namanya, gedung tersebut memiliki 101 lantai, dan memiliki nama resmi Gedung Finansial Internasional Taipei (Taipei’s International Finance Building).

Karena ketinggian dan kemewahannya, gedung ini menjadi yang tertinggi ke-2 di dunia setelah Burj Khalifa, dan merupakan gedung pencakar langit paling maju yang pernah dibuat hingga saat ini.

Chicago, Amerika Serikat

Willis Tower adalah gedung tertinggi di Amerika Serikat, yang telah dibangun sejak tahun 1973. Semula, gedung ini bernama Sears Tower, dan keberadaannya mengalahkan gedung yang melegenda di Amerika Serikat sebelumnya, yaitu World Trade Center.

Willis Tower terletak di Chicago, Illinois, AS, dan memiliki total ketinggian 442 meter, dan memiliki total 110 lantai.

Mekkah, Saudi Arabia

Di Mekkah, ada bangunan tinggi menjulang bernama Abraj Al-Bait. Bangunan megah itu dirancang oleh arsitek dari Dar Al Handasah Architecs, dan pembangunannya dilakukan oleh pihak Saudi Binladin Group.

Bangunan menakjubkan itu mampu menghimpun 100.000 orang, dan terletak tepat di seberang Masjidil Haram, salah satu masjid agung dan terkenal bagi umat Islam.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 3827072318812348317

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item