Kota-Kota Terpintar dan Paling Canggih di Dunia

Kota-Kota Terpintar dan Paling Canggih di Dunia
Oslo, Norwegia/idntimes.com
Perkembangan zaman mempengaruhi berbagai hal dan lini kehidupan, termasuk pertumbuhan kota-kota di dunia. Berbagai perubahan, semisal globalisasi, perubahan iklim, perkembangan ekonomi, sampai lompatan teknologi, semuanya berdampak pada kehidupan, dan hal itu juga mengubah wajah kota-kota di dunia. Kini, ada banyak kota di dunia yang sangat canggih, hingga disebut kota-kota pintar.

IESE Business School melakukan penelitian terhadap kota-kota di dunia, dengan mengacu pada 50 kategori dalam 10 dimensi berbeda, mencakup pemerintahan, manajemen publik, perencanaan kota, teknologi, lingkungan, akses internasional, keterpaduan sosial, mobilitas dan transportasi, kemampuan untuk menarik tenaga kerja, dan ekonomi.

Hasilnya mereka rilis dalam laporan bertajuk Cities In Motion Index (ICIM), yang merupakan daftar kota-kota paling pintar di dunia. Berikut ini uraiannya.

Oslo, Norwegia

Di Norwegia, Oslo memiliki peran penting, khususnya dalam bidang ekonomi dan pemerintahan. Selain itu, Oslo juga memegang peran dalam bidang industri, perbankan, perkapalan, dan menjadi penghubung perdagangan di antara banyak kota lain. Ada lebih dari 1,5 juta penduduk kota ini, dengan jumlah imigran mencapai 25 persen dari total penduduk. Karenanya, Oslo dianggap sebagai salah satu kota global.

Seoul, Korea Selatan

Dengan jumlah penduduk mencapai 10 juta jiwa, Seoul termasuk kota yang padat. Meski begitu, kota ini dianggap sebagai keajaiban ekonomi Korea, karena memiliki pertumbuhan yang sangat pesat. Selain sebagai ibu kota di Korea Selatan, Seoul juga merupakan pusat politik, ekonomi, dan sosial. Tidak hanya bagi Korea Selatan, namun juga bagi kawasan Asia Timur.

Osaka, Jepang

Osaka terletak di Kansai, Jepang, dan merupakan kota dengan penduduk terbesar ketiga, setelah Tokyo dan Yokohama. Osaka memiliki peran penting sebagai pusat industri di Jepang, juga sebagai pelabuhan untuk daerah metropolitan Osaka-Kobe-Kyoto.

Basel, Swiss

Basel adalah kota dengan penduduk terbesar ketiga di Swiss, setelah Zurich dan Jenewa. Meski begitu, Basel juga terkenal sebagai salah satu kota terbaik di sana. Selain menjadi pusat industri kimia dan farmasi, Basel juga menjadi pusat budaya yang sangat penting, karena memiliki banyak museum dan teater.

Jenewa, Swiss

Selain Basel, kota lain di Swiss yang disebut kota pintar adalah Jenewa. Kota paling padat kedua di Swiss ini juga dianggap penting, karena menjadi kota yang dipercaya sebagai markas banyak organisasi internasional, termasuk PBB, WHO, ILO, hingga CERN.

Paris, Prancis

Banyak hal menarik di Paris. Selain menjadi kota terbesar dan terpadat di Prancis, Paris juga menjadi pusat fashion, kebudayaan, juga bisnis bagi negara tersebut. Sebagai kota yang juga terkenal romantis, Paris adalah kota yang paling banyak menerima kunjungan wisatawan di Prancis.

Zurich, Swiss

Zurich tidak hanya menjadi kota terbesar dan pusat perdagangan di Swiss. Kota ini juga menjadi bukti kalau Swiss adalah negara yang hebat. Zurich terkenal dengan transportasi massal yang sangat menakjubkan, serta menjadi salah satu titik pusat pertemuan lalu lintas kereta api, jalan bebas hambatan, hingga transportasi udara.

New York, Amerika Serikat

Sebagai kota modern dengan penduduk terbesar ketiga di Amerika Serikat, New York adalah kota besar yang sibuk. Selain itu, New York memiliki peran penting sebagai pusat keuangan, transportasi, budaya, hingga manufaktur. New York juga merupakan gerbang bagi para imigran yang berdatangan ke kawasan Amerika.

London, Inggris

Sebagai ibu kota Inggris, London adalah kota yang paling maju dalam bidang seni, bisnis, pendidikan, hiburan, mode, keuangan, kesehatan, media, layanan profesional, penelitian dan pengembangan, pariwisata, serta transportasi.

Kawasan perkotaan London Raya juga menjadi kawasan urban terbesar kedua di Uni Eropa dengan jumlah penduduk lebih dari 8 juta jiwa. Sementara kawasan metropolitan London adalah yang terbesar di Uni Eropa, dengan populasi yang mencapai 14 juta jiwa.

Tokyo, Jepang

Tokyo bukan hanya ibu kota Jepang, tapi juga menjadi kawasan metropolitan yang sangat sibuk, dengan populasi terbesar di dunia. Di Tokyo, setiap hari setidaknya ada 36 juta orang—penduduk maupun pendatang—yang bekerja mencari nafkah di sana.

Karena itu pula, Tokyo pun menjadi pusat keuangan dunia. Yang menakjubkan dari Tokyo adalah sistem transportasi massal di sana yang sangat sibuk, kompleks, namun sangat rapi.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 5248856504806731586

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item