Kota-Kota Mana yang Paling Berpengaruh di Dunia Saat Ini?

Kota-Kota Mana yang Paling Berpengaruh di Dunia Saat Ini?
Ilustrasi/traveloka.com
Kota-kota besar yang stabil, yang memiliki daya tarik karena berbagai sebab dan latar belakang, serta memiliki peran dalam bidang keuangan, ekonomi, perdagangan, dan lain-lain, umumnya menjadi kota berpengaruh. Dalam arti, jika kota tersebut mengalami sesuatu, dunia—atau setidaknya sebagian wilayah lain—akan ikut terpengaruh, meski mungkin tidak terkena dampak secara langsung.

Sebagai contoh, ada banyak investor yang menanamkan investasi di London, dalam berbagai bidang. Investor yang memiliki kepentingan di London tidak hanya terbatas di Inggris, tapi juga dari kota-kota lain di berbagai negara.

Jika sewaktu-waktu London mengalami masalah—misal ketidakstabilan politik—maka para investor di berbagai wilayah dunia akan ikut memikirkan hal itu. Dampaknya, bisa jadi mereka akan menarik investasi dari London ke kota lain, atau semacamnya.

Itu hanya contoh mudah sebagai ilustrasi bagaimana suatu kota bisa memiliki pengaruh bagi kota lainnya. Tentu saja pengaruh yang dimaksud di sini tidak sebatas pada bisnis atau keuangan.

Ada pula pengaruh dalam bidang seni, hiburan, kebudayaan, dan lain-lain. Semakin besar dan semakin terkenal suatu kota, umumnya semakin besar pula pengaruhnya. Terkait hal itu, berikut ini kota-kota yang dianggap paling berpengaruh di dunia.

New York, Amerika Serikat

New York menjadi kota yang memiliki peran dalam banyak bidang, termasuk ekonomi, politik, kualitas hidup, pengetahuan, keuangan, hiburan, dan lain-lain.

Selama ini, New York berhasil menyeimbangkan semua peran itu, hingga bisa dibilang New York dalam keadaan stabil. Hasilnya, New York menjadi surga bagi para investor. Jika sewaktu-waktu kota ini mengalami masalah, pengaruhnya akan meluas ke mana-mana.

London, Inggris

London memiliki kualitas hidup yang baik, dan memiliki peran penting dalam bidang pengetahuan. Kota ini menjadi pemimpin global dalam bidang pendidikan, salah satunya terbukti dari banyaknya universitas dan lembaga pendidikan tinggi dunia yang ada di sana. Selain itu, London juga kini menjadi salah satu pusat keuangan terkemuka di Eropa.

Paris, Prancis

Paris adalah kota wisata terkenal dunia, dan sektor wisata ikut menggerakkan perekonomian di Prancis. Selain terkenal sebagai kota wisata, Paris juga memiliki peran dalam bidang politik, pengetahuan, bisnis, kebudayaan, pendidikan, hiburan, hingga sains dan kesenian.

Semuanya berkontribusi menjadikan Paris sebagai salah satu kota besar dan berpengaruh di dunia.

Tokyo, Jepang

Tokyo adalah kota yang menjadi “pusat komando” perekonomian dunia, bersama New York dan London. Sebagai pusat keuangan global, Tokyo merupakan rumah bagi banyak bank besar dunia, kantor-kantor investasi, dan perusahaan asuransi dunia.

Selain dalam bidang keuangan dan ekonomi, Tokyo juga memiliki peran dalam bidang politik dan pengetahuan.

Hong Kong

Hong Kong adalah salah satu pusat keuangan terkemuka dunia, dan memiliki layanan ekonomi yang hebat. Kota ini mengenakan pajak rendah, dan merupakan pelopor dalam perdagangan bebas. Mata uang dollar Hong Kong adalah salah satu mata uang yang paling banyak diperdagangkan di dunia. Hong Kong juga memiliki pengaruh dalam hal kualitas hidup, pendidikan, juga politik.

Singapura

Serupa dengan Hong Kong, Singapura juga menjadi salah satu pusat keuangan terkemuka di dunia internasional. Selain itu, Singapura memiliki pendapatan per kapita tertinggi di dunia. Pengaruh Singapura juga terdapat dalam hal kualitas hidup, pendidikan, serta kegiatan ekonomi.

Sydney, Australia

Di Australia, Sydney adalah pusat keuangan dan ekonomi. Sydney menjadi kota yang menyediakan 25 persen dari total PDB negara Australia.

Selain memiliki peran besar dalam bidang ekonomi dan keuangan, Sydney juga menjadi tempat penyelenggaraan beberapa peristiwa besar, seperti olah raga internasional. Di luar itu, Sydney memiliki pengaruh dalam hal pendidikan dan kualitas hidup.

Washington DC., Amerika Serikat

Setidaknya ada tiga hal penting yang merupakan peran Washington, tidak hanya di Amerika tapi juga di luar Amerika. Pertama adalah politik, kedua adalah ekonomi, dan ketiga adalah pengetahuan.

Toronto, Kanada

Toronto adalah salah satu kota dunia yang paling beragam dalam hal persentase pribumi dan non-pribumi. Sekitar 49 persen penduduk Toronto lahir di luar Kanada. Karena itu, di kota ini terdapat percampuran yang luas antara beragam orang dengan banyak latar belakang.

Selain itu, Toronto merupakan ibu kota komersial Kanada, dan menjadi rumah bagi Bursa Efek Toronto dan beberapa bank nasional terbesar.
   
Zurich, Swiss

Zurich punya peran dan pengaruh besar dalam bidang keuangan. Kota ini telah lama dikenal dan dipercaya sebagai tempat terbaik untuk menyimpan uang, sehingga semua orang di berbagai negara akan memastikan Zurich selalu dalam keadaan baik.

Selain memiliki peran besar dalam bidang keuangan, Zurich juga terkenal memiliki pengaruh yang tak kalah besar dalam hal kualitas hidup.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 6136633654968370401

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item