Berapa Jumlah Kromosom yang Dimiliki Makhluk Hidup?

Berapa Jumlah Kromosom yang Dimiliki Makhluk Hidup?
Ilustrasi/hellosehat.com
Kromosom adalah struktur makromolekul yang berisi DNA, tempat informasi genetik di dalam sel disimpan. Setiap makhluk hidup memiliki tipe dan jumlah kromosom yang berbeda-beda.

Dengan mikroskop cahaya, seluruh kromosom dapat dibedakan satu dengan yang lain, dari penampilannya. Hal ini dikarenakan ukuran kromosom dan posisi sentromernya berbeda. Masing-masing kromosom juga memiliki suatu pola pita atau garis tertentu, ketika diberi zat warna tertentu.

Pada manusia, setiap sel somatik (semua sel selain sperma dan ovum) berjumlah 46 kromosom. Kromosom-kromosom tersebut dapat disusun berpasang-pasangan, dimulai dengan kromosom yang terpanjang. Kromosom yang membentuk pasangan memiliki panjang, posisi sentromer, dan pola pewarnaan yang sama, dinamakan kromosom homolog.

Kedua kromosom dari setiap pasangan membawa gen (unit instruksi yang mempengaruhi sifat herediter tertentu), yang mengendalikan karakter warisan yang sama. Terjadinya pasangan kromosom homolog dalam kariotipe adalah konsekuensi dari asal-usul seksual.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 3957015448881409839

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item