Bagaimana Memori Digunakan Dalam Pengoperasian Komputer?

Bagaimana Memori Digunakan Dalam Pengoperasian Komputer?
Ilustrasi/istimewa
Dalam komputer yang kita gunakan, ada salah satu bagian penting—disebut memori—yang memungkinkan kita bisa bekerja dengan komputer secara mudah. Tapi di masa lalu, ketika awal komputer diciptakan, memori belum ada. Hasilnya, komputer benar-benar seperti benda tolol. Mesin itu hanya mampu diajak bekerja, tapi tidak bisa menyimpan data. Setiap kali membuka komputer di masa itu, orang harus memulai pekerjaan dari awal.

Awal penggunaan memori dalam pengoperasian komputer dimulai pada 1945, ketika Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC), sebuah komputer yang dilengkapi memori, untuk menampung program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat, dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali.

Hal penting pada komputer hasil pengembangan Von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (central processing unit, CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal.

Kemudian, pada 1951, Remington Rand mengembangkan Universal Automatic Computer I (UNIVAC I), yang menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann.

Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC adalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden Amerika, tahun 1952.

UNIVAC I belakangan dikenal sebagai komputer generasi pertama, yaitu komputer yang instruksi operasinya dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu.

Setiap komputer memiliki program kode biner berbeda, yang disebut "bahasa mesin" (machine language). Selain itu, komputer generasi pertama juga ditandai dengan penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar), dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 4370141217949590510

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item