Kota Metropolitan Mana yang Terbesar di Dunia?

Kota Metropolitan Mana yang Terbesar di Dunia?
Mexico City/theculturetrip.com
Istilah “metropolitan” berasal dari bahasa Yunani, “metropolis”, yang merupakan gabungan dari dua kata, yaitu “meter” yang artinya “ibu”, dan “polis” yang artinya “kota”.

Karenanya, makna “metropolitan” merujuk pada ibu kota, atau kota terpenting dalam suatu negara atau wilayah. Karena ibu kota atau kota penting yang disebut “metropolis” sering memiliki kota-kota satelit, maka keseluruhan kota tersebut (kota metropolis dan kota-kota satelitnya) disebut “metropolitan”.

Contoh, kita bisa menyebut Jakarta sebagai kota metropolis. Namun, kawasan Jakarta dan sekitarnya, atau yang biasa disebut Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi), merupakan kawasan metropolitan, karena kota-kota itu menjadi satelit Jakarta.

Selain Jakarta, ada banyak kota lain di dunia yang juga memiliki kota satelit, sehingga membentuk suatu kawasan perkotaan (beberapa kota) yang sangat luas sekaligus saling terkait, dan disebut metropolitan. Terkait hal itu, berikut ini kota-kota metropolitan terbesar di dunia.

Tokyo, Yokohama, Kawasaki, Chiba – Jepang

Empat kota di Jepang, yaitu Tokyo, Yokohama, Kawasaki, dan Chiba, membentuk sebuah kota metropolitan yang biasa disebut Tokyo Raya. Kawasan metropolitan tersebut merupakan yang terbesar di dunia, dengan total jumlah penduduk sekitar 40 juta jiwa, dan meliputi luas wilayah sekitar 13.500 kilometer persegi.

Di wilayah Tokyo Raya, terdapat 35 kota berpenduduk lebih dari 200.000 jiwa, 21 kota dengan lebih dari 350.000 jiwa, dan 10 kota yang berpenduduk lebih dari 500.000 jiwa.

Di kawasan metropolitan tersebut, setiap hari ada lebih dari 22 juta orang yang menjadi penumpang jaringan kereta api di sana. Itu merupakan salah satu jumlah penumpang kereta api yang terbesar di dunia.

Mexico City, Nezahualcóyotl, Ecatepec, Naucalpan – Meksiko

Mexico City, beserta tiga kota satelitnya, yaitu Nezahualcóyotl, Ecatepec, dan Naucalpan, membetuk satu kawasan metropolitan dengan nama México Distrito Federal atau Distrik Federal Meksiko. Kawasan metropolitan itu dihuni oleh sekitar 25 juta jiwa, dengan Mexico City sebagai ibu kota.

São Paulo, Guarulhos, Santo André, Osasco – Brasil

São Paulo adalah kota terbesar di Brasil, dan kota itu dikelilingi oleh tiga kota, yaitu Guarulhos, Santo André, dan Osasco, yang menjadi kota-kota satelitnya.

São Paulo juga merupakan kota di Brasil yang memiliki penduduk paling padat, dengan jumlah sekitar 12 juta jiwa, yang menghuni wilayah seluas 1.523 kilometer persegi. Bersama kota-kota satelitnya, kawasan metropolitan di Brasil itu memiliki populasi mencapai 23 juta jiwa.

Seoul, Incheon, Bucheon, Goyang, Seongnam, Suweon – Korea Selatan

Seoul adalah kota terbesar di Korea Selatan, dan kota itu dikelilingi oleh lima kota satelit, yaitu Incheon, Bucheon, Goyang, Seongnam, dan Suweon. Kawasan metropolitan itu disebut Capital Metropolitan Area, atau Sudogwon dalam bahasa Korea.

Capital Metropolitan Area berada di bagian utara-barat Korea Selatan, dan memiliki tiga distrik administratif yang berbeda, yaitu Seoul, Incheon, dan sebagian besar Gyeonggi-do.

Sebagai kota terbesar, Seoul memiliki penduduk lebih dari 10 juta orang. Bersama kota-kota satelitnya, yang membentuk kawasan metropolitan, total penduduk yang menghuni Capital Metropolitan Area mencapai sekitar 23 juta jiwa.

New York, Newark, New Jersey, Paterson – Amerika Serikat

Amerika Serikat memiliki kawasan metropolitan yang terdiri dari New York, Newark, New Jersey, dan Paterson. Wilayah metropolitan itu disebut New York Metropolitan Area, Metropolitan New York, atau Greater New York.

Kawasan itu menjadi daerah paling padat penduduk di Amerika Serikat, juga menjadi salah satu yang terpadat di dunia. Total populasi yang hidup di sana lebih dari 22 juta jiwa.

Mumbai, Navi Mumbai, Kalyan, Thane, Ulhasnagar, Maharashtra – India

Mumbai adalah ibu kota negara bagian Maharashtra, India. Terletak di pantai barat India, Kota Mumbai memiliki penduduk lebih dari 15 juta jiwa.

Mumbai dikelilingi kota-kota satelit, yaitu Navi Mumbai, Kalyan, Thane, Ulhasnagar, dan Maharashtra. Kawasan metropolitan itu disebut Brihanmumbai atau Greater Mumbai. Wilayah metropolitan itu dihuni oleh lebih dari 20 juta jiwa.

Osaka, Kobe, Kyoto – Jepang

Di Jepang, kawasan metropolitan di negara itu disebut Keihanshin atau Osaka Greater Area, yang meliputi wilayah Osaka di Prefektur Osaka, Kobe di Prefektur Hyogo, dan Kyoto di Prefektur Kyoto. Kawasan metropolitan itu dihuni oleh sekitar 19 juta jiwa.

Delhi, Faridabad, Haryana, Gurgaon, Ghaziabad, Uttar Pradesh – India

India tidak hanya memiliki satu kawasan metropolitan yang sangat besar, tapi dua. Jika kawasan metropolitan pertama berpusat di Mumbai, metropolitan yang kedua berpusat di Delhi.

Di India, Delhi memiliki nama resmi, yaitu Wilayah Ibu Kota Nasional Delhi. Merupakan kota metropolis terbesar berdasarkan luas wilayah, Delhi dikelilingi kota-kota satelit, yaitu Faridabad, Haryana, Gurgaon, Ghaziabad, dan Uttar Pradesh.

Kawasan metropolitan itu disebut National Capital Territory, dan dihuni oleh lebih dari 19 juta jiwa.

Los Angeles, Riverside, Anaheim – Amerika Serikat

Sama seperti India, Amerika Serikat juga memiliki lebih dari satu kawasan metropolitan. Jika yang pertama berpusat di New York, kawasan metropolitan kedua berpusat di Los Angeles.

Kota ini dikelilingi oleh Riverside dan Anaheim, membentuk kawasan metropolitan yang disebut Southern California, atau Los Angeles Metropolitan Area. Kawasan ini dihuni oleh lebih dari 17 juta jiwa.

Jakarta, Bekasi, Bogor, Depok, Tangerang – Indonesia

Jakarta, ibu kota Indonesia, dikelilingi oleh Bogor, Tangerang, dan Bekasi, yang membentuk kawasan metropolitan bernama Jabotabek. Setelah Depok menjadi kota sebagai hasil pemekaran Kabupaten Bogor, maka kota-kota satelit di sekeliling Jakarta pun bertambah satu, yaitu Depok.

Sejak itu, kawasan metropolitan di Indonesia disebut Jabodetabek, yang merupakan akronim Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Secara lengkap, kawasan Jabodetabek meliputi Kota Jakarta Pusat, Kota Jakarta Barat, Kota Jakarta Selatan, Kota Jakarta Timur, Kota Jakarta Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi.

Dalam bahasa Inggris, Jabodetabek disebut Greater Jakarta, yang berarti kawasan perkotaan yang terintegrasi dengan Jakarta. Populasi kawasan metropolitan ini sekitar 20 juta jiwa, dan menjadi kawasan metropolitan terbesar di Asia.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 8247627116927615569

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item