Siapakah Vladimir Potanin?

  Siapakah Vladimir Potanin?
Vladimir Potanin/rt.com
Vladimir Potanin adalah pemimpin Norilsk Nickel, produsen nikel dan paladium terbesar di dunia, sekaligus perusahaan paling berharga di Rusia. Norilsk Nickels memiliki nilai pasar (market value) 30 miliar dollar AS, dan Vladimir Potanin menguasai 30 persen saham di perusahaan tersebut. Selain memiliki Norilsk Nickel, dia juga memiliki perusahaan yang bergerak di bidang transportasi, farmasi, dan lain-lain.

Dia lahir pada 3 Januari 1961 di Moskwa, Rusia, dan kuliah di Moscow State Institute of International Relations. Lulus kuliah, dia bekerja di Kementerian Luar Negeri Uni Soviet. Pada awal 1991, berbekal pengetahuan yang diperolehnya selama berkecimpung di Kementerian Perdagangan Luar Negeri dan jaringan profesional yang pernah dibangunnya, dia mendirikan perusahaan dengan nama Interros.

Dua tahun kemudian, pada 1993, Vladimir Potanin terpilih menjadi pemimpin di United Export Import Bank. Kemudian, mulai tanggal 14 Augustus 1996 hingga 17 Maret 1997, ia menjabat sebagai Deputi Utama Perdana Menteri Federasi Rusia.

Sementara itu, Interros, usaha yang dibangunnya, membeli 30 persen saham Norilsk Nickel, dan Vladimir Potanin lalu memegang posisi presiden dan ketua dewan direktur di perusahaan tersebut pada Agustus 1998.

Selain menguasai saham di Norilsk Nickel, Interros juga menjadi perusahaan investasi yang mengelola dana hingga 15 miliar dollar, dan aset-asetnya tersebar di industri metal, tambang, real estate, pariwisata, infrastruktur, hingga media. Dengan segala aktivitasnya yang luar biasa di dunia bisnis, Vladimir Potanin pun diketahui memiliki kekayaan mencapai 15,4 miliar dollar, dan menjadi salah satu orang paling kaya di dunia.

Di luar bisnis, Vladimir Potanin mendirikan yayasan bernama Vladimir Potanin Foundation, yang misi utamanya mendorong pendidikan, seni, dan budaya. Yayasan itu menganggarkan dana sumbangan sebesar 10 juta dollar per tahun.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh Bisnis 1205197157445378850

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item