Siapakah Viktor Vekselberg?

 Siapakah Viktor Vekselberg?
Viktor Vekselberg/russianinsight.com
Viktor Vekselberg adalah pemimpin Renova Group, konglomerasi bisnis terbesar di Rusia. Nama lengkapnya Viktor Felixovich Vekselberg. Ia lahir pada 14 April 1957 di Drohobych, Ukraina. Masa lalu Viktor Vekselberg jauh berbeda dengan kehidupannya yang sekarang. Ia lahir dan tumbuh dalam keluarga miskin, meski dikenal sangat cerdas di sekolah.

Lulus kuliah, Viktor Vekselberg bekerja sebagai insinyur dan manajer penelitian di perusahaan pompa milik negara. Kemudian pada 1990, dia mendirikan KomBek, yang merupakan pusat penelitian dan pendidikan publik.

Pada masa itu, Viktor Vekselberg menemukan mesin yang mampu mengolah kabel tembaga dan aluminium menjadi produk layak jual di pasaran. Saat itu, dia mampu mengolah kabel tembaga dan alumunium senilai 100 dollar per ton, dan menjualnya dengan harga 3.000 dollar per ton.

Sukses dengan usahanya, Viktor Vekselberg kemudian berkongsi dengan Leonard Blavatnik pada 1991, dan mereka membeli Renova, sebuah perusahaan yang stagnan di Rusia. Di tangan Viktor Vekselberg dan Leonard Blavatnik, Renova berkembang menjadi The Siberian-Urals Aluminum Company (SUAL). Dari 1996 hingga 2003, dua orang itu terus membesarkan SUAL hingga memiliki 21 anak perusahaan yang tersebar di 11 wilayah Rusia.

Dari keberhasilannya mengelola SUAL, Viktor Vekselberg membeli saham di Tyumen Oil (TNK), salah satu perusahaan minyak dan gas terbesar di Rusia. Pada 1997, dia mendapatkan saham mayoritas di Tyumen dan diangkat ke dewan direksi.

Satu tahun kemudian, pada 1998, dia menduduki kursi ketua dewan. Setelah itu, dia menggabungkan TNK dengan SUAL, dan penggabungan semua usaha itu diberi nama Renova Group.

Pada saat ini, Renova Group membawahi berbagai perusahaan yang bergerak di bidang energi, konstruksi, dan pertambangan. Pada 2003, Renova Group bersama dengan Access Industries (miliki Leonard Blavatnik) dan Alfa Group (miliki Mikhail Fridman, Jerman Khan, dan Alexei Kuzmichov) mengumumkan pembentukan kemitraan strategis untuk bersama-sama memegang aset minyak mereka di Rusia dan Ukraina, membentuk konsorsium bernama AAR.

Pada tahun yang sama, mereka menggabungkan AAR dengan aset minyak Rusia, British Petroleum, dan itu menjadi transaksi swasta terbesar dalam sejarah Rusia.

Untuk semua keberhasilannya di bidang bisnis, Viktor Vekselberg diketahui memiliki kekayaan hingga 14,2 miliar dollar, sehingga masuk dalam daftar orang-orang terkaya di dunia.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh Bisnis 1821520233427402650

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item