Siapakah Susanne Klatten?

Siapakah Susanne Klatten?
Susanne Klatten/stern.de
Susanne Klatten adalah pengusaha Jerman yang menguasai saham di berbagai perusahaan, termasuk perusahaan otomotif BMW. Karena sahamnya di BMW itu pulalah, dia dikenal sebagai wanita terkaya di bidang otomotif. Dia lahir pada 28 April 1962 di Jerman, dengan nama lengkap Susanne Hanna Ursula Quandt.

Susanne Klatten adalah putri Herbert Quandt, pengusaha yang menguasai separuh saham perusahaan otomotif BMW. Ketika sang ayah meninggal dunia, saham itu pun diwariskan kepada Susanne Klatten. Tetapi kekayaan Susanne Klatten tidak hanya datang dari saham peninggalan ayahnya di BMW.

Setelah menyelesaikan kuliahnya di University of Buckingham, Susanne Klatten bekerja di agensi periklanan Young & Rubicam di Frankfurt. Dia bekerja di sana dari 1981 sampai 1983.

Karena ingin mendapatkan pengalaman lebih banyak, dia lalu pindah kerja ke Dresdner Bank, lalu pindah lagi ke bank Reuschel & Co. Selama melamar kerja di berbagai tempat itu, Susanne Klatten merahasiakan identitas aslinya, karena ayahnya telah dikenal sebagai miliuner di Jerman.

Ketika ayahnya meninggal dunia, Susanne Klatten pun mewarisi kekayaan ayahnya. Berbagai media massa meliput dan memuat foto-foto Susanne Klatten, dan sejak itu dia kesulitan merahasiakan identitasnya. Sejak itu pula, Susanne Klatten mulai mengelola saham-saham yang diwariskan ayahnya.

Saham yang ditinggalkan Herbert Quandt tidak hanya di BMW, namun juga di perusahaan kimia dan farmasi Altana. Jumlah saham di Altana yang besar menjadikan Susanne Klatten duduk di dewan komisaris perusahaan tersebut.

Sejak itu, Susanne Klatten mentransformasi Altana menjadi perusahaan kelas dunia, dan menambah jumlah sahamnya di sana. Sementara itu, di perusahaan BMW, Susanne Klatten terpilih sebagai dewan supervisi.

Di luar BMW dan Altana, Susanne Klatten kemudian juga membeli saham di berbagai perusahaan lain, termasuk Nordex AG (perusahaan pakaian), SGL and Geohumus (perusahaan pertanian), Paques (perusahaan bioteknologi), Avista Oil (perusahaan oli), dan lain-lain.

Atas semua saham yang dimiliki itulah, Susanne Klatten memiliki kekayaan hingga 16,8 miliar dollar, yang menjadikannya salah satu orang terkaya di dunia.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Tokoh Bisnis 2910276409009311379

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item