Siapakah Shiv Nadar?

 Siapakah Shiv Nadar?
Shiv Nadar/economictimes.com
Shiv Nadar adalah pendiri dan pemimpin HCL (Hindustan Computers Limited), sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di India. Dia lahir pada 14 Juli 1945 di Tamil Nadu, India.

Setelah menyelesaikan pendidikan di PSG College of Technology, Shiv Nadar memulai karirnya dengan bekerja di perusahaan Cooper Engineering. Tidak lama dia bekerja di sana, karena kemudian memutuskan untuk mendirikan usaha sendiri bersama rekan-rekannya.

Pada 1970, Shiv Nadar membangun perusahaan pertamanya, yang dinamai Microcomp, yang menjual kalkulator digital di pasar India. Usaha itu berkembang, dan makin membesar.

Enam tahun kemudian, pada 1976, Shiv Nadar mendirikan perusahaan lain bernama HCL (Hindustan Computers Limited), yang bergerak di bidang teknologi. Pada 1980, HCL bergabung dengan pasar internasional dalam pembukaan Far East Computers di Singapura. Sejak itu, HCL mulai memiliki pasar, bahkan mendirikan cabang di Singapura.

Sebagai perusahaan, HCL hanya fokus pada bidang teknologi. Meski begitu, bidang itu kemudian merambah berbagai bidang lain, mencakup teknologi komputer, teknologi otomotif, teknologi layanan media, teknologi keuangan, dan lain-lain. HCL menyediakan layanan konsultasi teknologi dan penjualan peranti-peranti teknologi yang dibutuhkan klien-kliennya.

Seiring berjalannya tahun, usaha itu pun terus berkembang. Karena luasnya cakupan bisnis yang dikelola, dan makin besarnya pertumbuhan perusahaan, HCL pun kini memiliki 79.000 tenaga profesional dari berbagai negara, dan memiliki kantor di 31 negara. HCL juga memiliki kerjasama dengan sekitar 1.000 perusahaan terkemuka, termasuk perusahaan-perusahaan raksasa dalam bidang teknologi informasi.

Sebagai pengusaha di bidang teknologi, Shiv Nadar memang dinilai lebih unggul dari umumnya pengusaha lain yang bergerak di bidang sama. Jika umumnya pengusaha lain hanya menjual barang, Shiv Nadar menjual barang sekaligus edukasi atau konsultasi sehubungan dengan barang tersebut.

Atas kesuksesannya membangun HCL, Shiv Nadar pun diketahui memiliki kekayaan mencapai 14,8 miliar dollar, yang menjadikannya masuk dalam daftar orang-orang terkaya di dunia.

Dia menyisihkan sebagian kekayaannya untuk membangun yayasan, yang dinamai Shiv Nadar Foundation. Yayasannya bergerak di bidang pendidikan dan pengembangan teknologi di India.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Tokoh Bisnis 6992976049387855100

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item