Siapakah Serge Dassault?

Siapakah Serge Dassault?
Serge Dassault/straitstimes.com
Serge Dassault adalah pengusaha dan politisi Prancis. Sebagai pengusaha, dia pendiri sekaligus pemimpin Dassault Group, perusahaan yang membawahi beberapa perusahaan lain, termasuk industri penerbangan. Sementara sebagai politisi, dia menjadi walikota serta pendiri partai di Prancis. Ia lahir pada 4 April 1925 di Paris, Prancis.

Ayah Serge Dassault bernama Marcel Dassault, seorang Yahudi yang tinggal di Prancis. Pada 1914, Marcel Dassault telah mengembangkan industri penerbangan, dan mulai memproduksi pesawat tempur. Ketika Perang Dunia II pecah, Nazi Jerman meminta Marcel Dassault bekerjasama dengan mereka, untuk membuat pesawat.

Marcel Dassault menolak. Penolakan itu mengakibatkan dirinya dikirim ke kamp konsentrasi Nazi, istrinya dibuang ke pinggiran Prancis, sementara Serge Dassault—yang waktu itu berusia 14 tahun—dimasukkan ke penjara.

Seusai Perang Dunia II, Marcel Dassault kembali menghidupkan usahanya di bisnis penerbangan, dengan nama Dassault Aviation. Bisnis itu berjalan lancar, sampai ia meninggal pada 17 April 1986, dan perusahaannya pun diwarisi anaknya, Serge Dassault.

Serge Dassault meneruskan usaha ayahnya, bahkan memperluasnya menjadi bisnis berskala raksasa. Dia mendirikan Dassault Group, dan berhasil mengakuisisi sejumlah perusahaan di bidang media, mesin pesawat, dan perangkat lunak (software) komputer. Dassault Aviation, usaha yang dirintis ayahnya, juga dimasukkan menjadi salah satu lini perusahaan Dassault Group.

Dassault Group kini membawahi setidaknya sepuluh anak perusahaan yang bergerak di berbagai bidang—lima di antaranya di bidang penerbangan, yang memproduksi pesawat-pesawat tempur terkenal dunia, semacam Mirage.

Bisnis Dassault Group secara global juga tersebar di banyak negara, dengan jumlah karyawan mencapai 18.016 orang. Atas semua keberhasilan itu, Serge Dassault pun memiliki kekayaan mencapai 15,3 miliar dollar, dan masuk dalam jajaran orang-orang terkaya di dunia.

Selain aktif berbisnis, Serge Dassault juga aktif di dunia politik. Pada 1995, dia menjadi walikota Corberik-Essones, sebuah kota di bagian selatan Paris. Dia juga mendirikan partai Union for a Popular Movement. Pada 2004, Serge Dassault diangkat sebagai anggota senat. Lewat posisinya tersebut, dia aktif berbicara soal regulasi tenaga kerja dan perpajakan Prancis.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh Bisnis 8636010782726427214

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item