Siapakah Robin Li?

Siapakah Robin Li?
Robin Li/expressandstar.com
Robin Li adalah pendiri perusahaan Baidu Inc., juga pencipta mesin pencari (search engine) bernama Baidu, yang kini menjadi mesin pencari terbesar di Cina. Ia lahir pada 17 November 1968, di Yangquan, Cina, dan tumbuh dalam keluarga sederhana. Dia pernah kuliah jurusan manajemen informatika di Peking University, dan melanjutkan pendidikan di State University of New York melalui beasiswa.

Pada 1994, setelah lulus dari State University of New York, dia memperoleh pekerjaan sebagai konsultan bidang layanan informasi di Dow Jones and Company. Di sela-sela aktivitas pekerjaannya, Robin Li mengembangkan sistem pencarian berbasis algoritma, dan mengembangkan jurnal Wall Street edisi online.

Selama menjalani pekerjaan tersebut, Robin Li melakukan banyak inovasi dengan menganalisis popularitas tautan laman web dengan menggunakan banyaknya situs yang tertaut ke laman yang bersangkutan sebagai patokannya, dan ia menyebutnya sebagai metode pencarian “analisis tautan” atau link analysis.

Karena ketertarikan pada teknologi mesin pencari, Robin Li pernah pindah kerja ke Infoseek, perusahaan milik Disney yang difokuskan pada pengembangan teknologi mesin pencarian internet.

Tapi kemudian memutuskan keluar dari sana, karena menilai Infoseek jalan di tempat, tidak ada inovasi atau upaya pembaruan apa pun. Ketidakpuasan itu pula yang kemudian mencetuskan ide dalam benak Robin Li untuk membuat mesin pencari sendiri. Lalu lahirlah Baidu.

Baidu didirikan pada 18 Januari 2000. Nama “Baidu” memiliki arti “ratusan kali”. Sebagai mesin pencari, Baidu melakukan banyak inovasi, sehingga memiliki perbedaan, bahkan keunggulan, dibandingkan mesin pencari yang sudah populer semacam Google, Yahoo!, atau Bing. Karenanya, dalam waktu singkat, Baidu pun segera populer dan banyak digunakan para pengguna internet di Cina.

Baidu mulai masuk bursa saham pada 2005, dan dua tahun kemudian tercatat sebagai perusahaan Cina yang pertama kali masuk dalam Indeks NASDAQ-100, sebuah daftar perusahaan yang paling dihormati.

Pada Januari 2014, kapitalisasi pasar Baidu mencapai 55 miliar dollar, dan kenyataan itu menjadikan Baidu sebagai perusahaan yang didirikan dari nol tersukses sepanjang sejarah, bila dilihat dari kapitalisasi pasar, pendapatan, pertumbuhan, dan pengaruh budaya. Perusahaan yang semula hanya memiliki sepuluh staf saat awal berdiri itu, kini telah memiliki lebih dari 17.000 karyawan.

Selain memberikan layanan mesin pencari, Baidu juga memasarkan produk ponsel pintar miliknya, dengan nama Changhong H5018.

Atas kesuksesannya membangun Baidu Inc., Robin Li pun kini menjadi salah satu orang terkaya di Cina, bahkan di dunia. Dia diketahui memiliki kekeyaan mencapai 15,2 miliar dollar.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh Bisnis 5779193342040542033

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item