Siapakah Phil Knight?

Phil Knight/stealingshare.com Phil Knight adalah pendiri perusahaan sepatu Nike, yang kini menjadi salah satu merek sepatu paling terken...

Siapakah Phil Knight?
Phil Knight/stealingshare.com
Phil Knight adalah pendiri perusahaan sepatu Nike, yang kini menjadi salah satu merek sepatu paling terkenal di dunia. Dia lahir pada 24 Februari 1938 di Portland, Oregon, AS, dan berkuliah di University of Oregon serta Standford University.

Saat menjadi mahasiswa, Phil Knight bercita-cita menjadi pelari profesional. Untuk mewujudkan cita-cita itu, dia pun dibimbing seorang pelatih universitas, bermama Bill Bowerman.

Dua orang itu—Phil Knight dan Bill Bowerman—sama-sama tidak puas dengan sepatu buatan Amerika, karena berat, serta bikin kaki pemakainya sering lecet. Sebagai orang yang menyukai olahraga, mereka menginginkan sepatu yang ringan, kuat, dan tidak bikin kaki lecet.

Ketidakpuasan itu lalu ditindaklanjuti dengan mencoba merancang dan membuat sepatu sebagaimana yang mereka inginkan. Mereka lalu bersepakat membangun kongsi dan menyetor modal masing-masing sebesar 500 dollar. Kongsi mereka dinamai Blue Ribbon Sports.

Bill Bowerman merancang sepatu dengan sol karet tebal di bagian bawah. Dengan sol tebal, sepatu akan lebih ringan, namun dapat menapak lebih kuat. Sepatu-sepatu rancangan Bill Bowerman kemudian dipasarkan oleh Phil Knight.

Karena sepatu-sepatu produksi Blue Ribbon Sports jauh lebih baik dibanding kebanyakan sepatu yang ada di pasaran masa itu, Phil Knight pun tidak kesulitan mendapat pembeli. Dalam waktu singkat, sepatu Blue Ribbon Sports telah dikenal banyak orang.

Seiring perkembangan usaha, Blue Ribbon Sports mulai mengumpulkan karyawan, dan produksi mereka pun semakin banyak, hingga dipasarkan di berbagai tempat.

Pada era 1970-an, ketika orang-orang mulai menyukai jongging, Phil Knight melihat itu sebagai peluang memasarkan sepatu untuk orang-orang non-profesional. Lalu lahirlah sepatu-sepatu yang sporty sekaligus trendy, dan sejak itu sepatu buatan mereka makin digemari banyak orang dari segala usia.

Pada 1978, Phil Knight dan Bill Bowerman memutuskan untuk mengganti nama Blue Ribbon Sports, dan menggunakan nama baru, yaitu “Nike”. Nike diambil dari dewi Yunani, yang berarti “Kemenangan”.

Setelah itu, Nike pun menjadi perusahaan dan merek sepatu yang diperhitungkan di Amerika. Memasuki akhir 1970-an, Nike telah menguasai 50 persen pasar sepatu di Amerika Serikat, dengan nilai penjualan per tahun mencapai 149 juta dollar, dan memberi kekayaan besar pada dua penggagasnya.

Setelah sukses dengan produk sepatu Nike, Phil Knight dan Bill Bowerman merambah bisnis lain, termasuk baju dan tas sporty. Saat ini, mereka juga memiliki produk sepatu dengan merek Converse, perlengkapan selam, dan produk pakaian formal.

Pada 24 Desember 1999, Bill Bowerman meninggal dunia, sehingga perusahaan Nike pun hanya dikelola oleh satu pendirinya, yaitu Phil Knight. Kini, Phil Knight terkenal sebagai pengusaha sukses, dan namanya masuk dalam daftar orang-orang terkaya di dunia, dengan kekayaan mencapai 21,5 miliar dollar.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh Bisnis 2131364062035248729

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item