Siapakah Paul Allen?

 Siapakah Paul Allen?
Paul Allen/gizmodo.com
Paul Allen adalah rekan pendiri Microsoft, perusahaan software terbesar di dunia. Meski mungkin nama Bill Gates lebih populer dan lebih identik dengan Microsoft, namun Paul Allen memiliki peran besar dalam kelahiran perusahaan tersebut. Ia lahir pada 21 Januari 1953, di Seattle, Washington, AS.

Paul Allen dan Bill Gates telah berkawan sejak mereka remaja. Pada 1974, ketika Paul Allen berusia 21 tahun, dia membaca majalah Popular Electronics edisi terbaru yang di dalamnya mengulas Altair 8800, PC (personal computer) pertama di dunia. Waktu itu belum ada software apa pun yang bisa dijalankan di komputer Altair. Paul Allen menunjukkan majalah itu kepada sahabatnya, Bill Gates.

Mereka berdua tahu bisa membuat program khusus untuk Altair. Maka mereka pun lalu menghubungi perusahaan Altair, dan menyatakan mereka bisa menulis program khusus untuk komputer tersebut. Dari situlah lahir BASIC.

Satu tahun kemudian, pada 1975, Paul Allen dan Bill Gates mendapat kontrak untuk memasok BASIC sebagai software pengisi Altair. Dari situ, lahirlah perusahaan Microsoft. Lalu Paul Allen dan Bill Gates bahu membahu membesarkan Microsoft bersama-sama, hingga lahir berbagai program komputer yang dikenal dunia.

Setelah delapan tahun bersama-sama, kebersamaan Paul Allen dan Bill Gates harus berakhir. Paul Allen mengundurkan diri dari Microsoft, karena mengidap penyakit sejenis kanker, dan karena sudah merasa tidak cocok lagi bekerja sama dengan Bill Gates.

Keluar dari Microsoft, Paul Allen mendirikan Vulcan Inc., yang berkembang menjadi perusahaan investasi di bidang teknologi, real estate, media, dan lain-lain. Dia juga mendirikan Allen Institute for Brain Science, dan sebuah perusahaan penerbangan bernama Stratolaunch Systems. Selain itu, dia membeli tim basket Portland Trail Blazers dan tim football Seattle Seahawks.

Tak jauh beda dengan Bill Gates, Paul Allen juga masuk dalam jajaran orang-orang terkaya di dunia. Dia diketahui memiliki kekayaan mencapai 17,5 miliar dollar.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 585698290670816927

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item