Siapakah Pallonji Mistry?

 Siapakah Pallonji Mistry?
Pallonji Mistry/hindustantimes.com
Pallonji Mistry adalah pengusaha konstruksi India-Irlandia. Nama lengkapnya Pallonji Shapoorji Mistry. Dia berdarah Irlandia, namun menjadi warga negara India. Pria kelahiran 1929 itu memimpin perusahaan Tata Sons, yang bergerak di bidang konstruksi dan beberapa bidang lain yang masih berhubungan.

Pallonji Mistry menempuh pendidikan di Cathedral & John Connon School, di Mumbai, India. Setelah itu dia kuliah di Imperial College, London, Inggris. Lulus dari Imperial College, dia kuliah lagi di London Business School, hingga mendapat gelar Master of Science di bidang manajemen. Setelah itu, dia mulai aktif di perusahaan Tata Sons.

Bisa dibilang, masuknya Pallonji Mistry di dunia bisnis dan industri merupakan warisan ayahnya. Pada 1930, ayah Pallonji Mistry membeli saham dalam jumlah besar di Tata Sons, perusahaan konstruksi yang berbasis di India. Ketika sang ayah meninggal, kepemilikan saham itu pun diwariskan kepada Pallonji Mistry.

Dengan warisan saham tersebut, Pallonji Mistry menjadi pemegang saham perorangan terbesar di perusahaan Tata Sons. Kepemilikan saham tersebut tidak hanya memberikan hasil besar, namun juga menempatkan Pallonji Mistry sebagai dewan direksi.

Pada 1 September 2006, Pallonji Mistry mulai bergabung dengan dewan direksi Tata Sons, dan menjabat sebagai direktur Tata Elxsi Limited—salah satu anak perusahaan Tata Sons—dari 24 September 1990 hingga 26 Oktober 2009, selain juga menjadi direktur Tata Power Co. Ltd hingga 18 September 2006.

Pada 2012, Pallonji Mistry terpilih sebagai pemimpin Tata Sons, dan menjadi ketua untuk semua perusahaan di bawah Tata Sons, termasuk Tata Industries, Tata Steel, Tata Motors, Tata Consultancy Services, Tata Power, Tata Teleservices, Indian Hotels, Tata Global Beverages, dan Tata Chemicals.

Karena itulah, Pallonji Mistry pun kemudian dikenal sebagai raksasa konstruksi di India. Namanya juga masuk dalam daftar orang-orang terkaya di dunia, karena memiliki kekayaan mencapai 16,3 miliar dollar.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Tokoh Bisnis 626768104015997167

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item