Siapakah Mikhail Fridman?

 Siapakah Mikhail Fridman?
Mikhail Fridman/ft.com
Mikhail Fridman adalah pendiri Alfa Group, perusahaan investasi swasta terbesar di Rusia, yang membawahi berbagai anak perusahaan di berbagai bidang. Nama lengkapnya Mikhail Fridman Maratovich. Dia lahir pada 21 April 1964 di Lviv, Ukraina, tapi kemudian pindah ke Rusia.

Di Rusia, dia kuliah di Moscow Institute of Steel and Alloys, dan mengisi waktu luangnya dengan bekerja menjadi penjual tiket di Teater Moskow. Pekerjaan itu terus dilakoninya sampai ia lulus kuliah. Selesai kuliah, pada 1990, dia mendirikan usaha bernama Alfa-Eco Group, sebuah usaha yang bergerak di bidang ritel. Dia membangun usaha itu bersama dua teman kuliahnya, German Khan dan Alexei Kuzmichev.

Sukses dengan usaha pertama, Mikhail Fridman mulai merambah bisnis lain. Dia lalu masuk bisnis perbankan dengan mengakuisisi bank yang kemudian ia namai Alfa Bank. Melalui Alfa Bank, Mikhail Fridman membuktikan dirinya mampu menjadi bankir yang berhasil.

Setelah itu, dia pun melebarkan sayap dengan mendirikan Alfa Capital Management dan MegaFon, yang bergerak di bidang keuangan dan perbankan. Saat ini, Alfa Bank menjadi bank swasta terbesar di Rusia.

Semua usaha itu kemudian disatukan dengan Alfa-Eco Group, yang lalu berubah nama menjadi Alfa Group. Alfa Group membawahi berbagai anak perusahaan, dan Mikhail Fridman kemudian melebarkan jaringan bisnis ritelnya dengan mendirikan perusahaan bernama Pyaterochka Holding NV dan Perekrestok Group of Companies.

Setelah itu, Alfa Group juga mendirikan perusahaan telekomunikasi dengan nama Altimo. Altimo Group, perusahaan telekomunikasi yang ada di bawah manajemen Alfa Group, telah berkembang pesat di Ukraina, Turki, Rusia, dan Uzbekistan. Mikhail Fridman, melalu Alfa Group, juga menguasai 13 persen saham Turkcell, operator seluler terbesar di Turki.

Terakhir, Mikhail Fridman juga mendirikan TNK-BP yang menjadi perusahaan minyak. Saat ini, TNK-BP menjadi produsen minyak terbesar ketiga di Rusia.

Kini Alfa Group memiliki lebih dari 15 perusahaan raksasa, dan hampir semua lini bisnis di Rusia bisa dibilang dikuasai oleh Alfa Group. Atas semua kesuksesan itu, Mikhail Fridman diketahui memiliki kekayaan mencapai 14,6 miliar dollar, yang mendudukkannya sebagai salah satu orang terkaya di dunia.

Saat ini, Mikhail Fridman dipercaya menjadi Ketua Dewan Pengawas Alfa Group, selain juga menjabat sebagai anggota Dewan Direktur Ikatan Pengusaha Rusia dan anggota Majelis Rendah Rusia.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh Bisnis 5129908342688584952

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item