Siapakah Michael Otto?

Siapakah Michael Otto?
Michael Otto/michaelotto.info
Michael Otto adalah pendiri dan pemimpin Otto Group, perusahaan mail order yang berbasis di Jerman. Ia lahir di Chelmno, Polandia, pada 12 April 1943. Dia kuliah di Universitas Hamburg, kemudian melanjutkan ke Universias Munich, hingga mendapatkan gelar doktor.

Sejak kuliah, Michael Otto telah mulai membangun karir dengan menjadi broker keuangan dan pialang real estate. Dalam perjalanan karirnya kemudian, dia mengenal Spiegel, Inc., yang waktu itu menjadi perusahaan mail order yang menjual aneka macam barang melalui katalog. Michael Otto sempat bergabung dengan Spiegel, Inc., tapi kemudian perusahaan itu bangkrut.

Setelah kebangkrutan Spiegel Inc., Michael Otto terpikir untuk merintis usaha yang sama. Pada 1959, dia mulai membangun perusahaannya sendiri, yang diberi nama Otto Group. Sama seperti yang dilakukan Spiegel Inc., Michael Otto juga menjual aneka macam barang melalui katalog. Usaha itu terus berkembang dan kian membesar.

Ketika era internet tiba, Michael Otto pun memordernisasi bisnisnya, dan merambah internet. Sejak itu, Otto Group bersaing dengan Amazon.com yang juga menjadi peritel di internet.

Saat ini, Otto Group telah menjadi salah satu perusahaan mail order terbesar di dunia, walau belum mampu mengalahkan Amazon.com. Meski begitu, Michael Otto telah mampu mengumpulkan kekayaan dalam jumlah luar biasa, mencapai 18,1 miliar dollar, sehingga namanya masuk dalam daftar orang-orang terkaya di dunia.

Dalam menjalankan bisnisnya, Michael Otto punya prinsip hanya menjual barang-barang yang aman dan ramah lingkungan. Ketika dia membuat yayasan amal bernama Michael Otto Foundation, yayasannya juga aktif dalam isu-isu seputar lingkungan.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Tokoh Bisnis 6958451055830120183

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item