Siapakah Michael Dell?

 Siapakah Michael Dell?
Michael Dell/inc.com
Michael Dell adalah pendiri perusahaan komputer Dell Inc., yang saat ini menjadi peritel komputer terbesar di dunia. Ia lahir dengan nama Michael Saul Dell, pada 23 Februari 1965, di Austin, Texas, AS.

Sejak remaja, Michael Dell telah memiliki ketertarikan pada komputer. Pada usia 15 tahun, ketika berhasil membeli sebuah komputer, dia membongkar dan merakitnya kembali untuk mengetahui cara kerja komputer.

Ketika mulai kuliah di Universitas Texas pada 1984, Michael Dell memulai bisnis komputer, yang ia namai PC’s Limited. Ia memulai bisnisnya dengan modal 1.000 dollar, dan dijalankannya sepulang kuliah.

Karena modal pas-pasan, Michael Dell tidak bisa membuka toko dan tidak bisa menyiapkan stok barang. Ia menyiasati hal itu dengan memberi kesempatan calon pembeli untuk menentukan jenis atau spesifikasi komputer yang diinginkan melalui telepon.

Dengan cara itu, calon pembeli tidak perlu datang, cukup menyebutkan komputer seperti apa yang diinginkan, dan Michael Dell kemudian mengantarkan langsung ke rumah si pembeli.

Usaha itu berjalan dan berkembang pesat. Karena Michael Dell tidak perlu membuka toko dan tidak perlu menyediakan stok barang, serta tidak menggunakan distributor, dia pun bisa menjual harga komputer lebih murah dibandingkan harga pasaran. Dalam waktu singkat, pelanggannya terus meningkat, hingga akhirnya dia memutuskan drop out dari kampus agar dapat menangani bisnisnya secara full time.

Pada 1988, usaha Michael Dell mulai masuk bursa saham, dan berganti nama menjadi Dell Computer Corporation. Pada 1992, Dell Computer masuk dalam daftar Fortune 500 sebagai perusahaan terbesar di dunia, yang menjadikan Michael Dell sebagai CEO termuda sepanjang sejarah yang memiliki perusahaan sendiri. Ia masih berusia 27 tahun waktu itu.

Memasuki tahun 1996, Dell Computer Corporation berubah nama lagi menjadi Dell Inc. Seiring internet yang makin banyak digunakan, Dell Inc. mulai membuka tawaran penjualan komputer melalui internet.

Kini, Dell Inc. tidak hanya menjual komputer pribadi (PC), tetapi juga laptop, netbook, media penyimpan (storage), printer, komputer genggam, pemutar musik MP3, televisi, dan berbagai jasa layanan komputer.

Dell Inc. juga telah menjadi peritel komputer online terbesar di dunia. Atas kesuksesannya yang luar biasa, Michael Dell pun masuk dalam daftar orang-orang terkaya di dunia, dengan nilai kekayaan mencapai 19,2 miliar dollar.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh Bisnis 2074456092747141503

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item