Siapakah Masayoshi Son?

Siapakah Masayoshi Son?
Masayoshi Son/cnbc.com
Masayoshi Son adalah pengusaha di bidang IT dan investor bisnis internet terkenal dari Jepang. Ia kuliah di Universitas California, Berkeley, mengambil jurusan ekonomi. Sambil kuliah, ia juga kursus komputer. Lingkungan yang dekat dengan perkembangan teknologi membuatnya yakin bisnis di bidang komputer akan menguntungkan di masa depan.

Pada masa kuliah, Masayoshi Son mengembangkan idenya mengenai kamus elektronik seukuran kalkulator, yang dapat menerjemahkan delapan bahasa. Sharp Corporation kemudian tertarik pada kamus elektronik buatan Masayoshi Son, dan mereka berani membayar 1 juta dollar.

Dengan uang hasil penjualan tersebut, Masayoshi Son pulang ke Jepang, dan mendirikan usaha bernama SoftBank. Pada 1980, Softbank mula-mula menjadi distributor perangkat lunak untuk komputer.

Usaha itu mencapai keberhasilan besar saat bekerja sama dengan Joshin Denki, pengusaha dari Osaka, yang waktu itu akan mendirikan toko komputer. Dia mempercayakan kebutuhan software-nya pada Masayoshi Son. Dari kerja sama itulah, Softbank menjelma menjadi perusahaan pemasok software yang terkenal di Jepang.

Bisnisnya terus berkembang, dan Masayoshi Son mulai melebarkan sayapnya di luar Softbank, dengan memiliki saham di berbagai perusahaan lain. Pada 1995, dia bekerjasama dengan Yahoo! untuk membentuk Yahoo! Jepang. Sepanjang 1995-1998, Masayoshi Son memiliki 37 persen saham di Yahoo!, dan investasinya mencapai 374 juta dollar.

Satu tahun kemudian, Softbank membeli COMDEX seharga 900 juta dollar dan Kingston Technology seharga 2,1 miliar dollar. Seiring dengan itu, Softbank juga membuat sistem yang memungkinkan telepon lokal dan internasional berbiaya murah. Softbank pun menjelma menjadi raksasa di bidang teknologi bernilai multi-miliar dollar, dan menjadi perusahaan Jepang paling berharga kedua setelah Toyota.

Kini, saham-saham milik Masayoshi Son di dunia internet tidak hanya di Yahoo!, namun juga di E-Trade, Ziff-Davis, Alibaba Group, dan lain-lain, hingga secara total Masayoshi Son menguasai 25 persen dari keseluruhan bisnis internet di dunia.

Masayoshi Son pun terkenal sebagai pengusaha di bidang IT dan investor bisnis internet, serta menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Kekayaannya mencapai 14,1 miliar dollar.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh Bisnis 3155014419923660934

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item