Siapakah Ma Huateng?

Siapakah Ma Huateng?
Ma Huateng/moneyinc.com
Ma Huateng adalah pendiri Tencent Holdings, perusahaan yang ada di balik aplikasi chatting WeChat yang sangat populer di dunia. Dia lahir pada 29 Oktober 1971 di Chaoyang, Cina, dan kuliah di Universitas Shenzhen. Lulus kuliah, Ma Huateng sempat bekerja di perusahaan telekomunikasi di Cina, sampai kemudian melihat potensi besar yang ada di internet. Pikiran itu membawanya untuk mendirikan Tencent Holdings.

Tencent Holdings beroperasi di internet, dan merilis aplikasi chantting bernama QQ. Aplikasi itu segera populer di Cina, dan digunakan jutaan orang. Sejak dirilis pada 1999, pengguna aplikasi QQ terus meningkat, hingga mencapai 647 juta pengguna pada 2010. Prestasi itu menjadikan Tencent sebagai situs dengan jumlah anggota terbanyak di Cina.

Sukses dengan QQ, pada 2011 Tencent membuat aplikasi lain dengan nama WeChat, yang popularitasnya mendunia. Setahun sejak diluncurkan, WeChat telah memiliki 200 juta pengguna. Memasuki 2013, WeChat telah merangkul 300 juta pengguna di seluruh dunia.

WeChat adalah layanan komunikasi pesan suara dan teks yang bisa diakses melalui ponsel. Kini, WeChat diperkirakan telah memiliki anggota sekitar 1 miliar.

Pada perkembangannya kemudian, Tencent Holdings juga merilis sejumlah game online, bahkan mengembangkan sayap bisnis dengan mengakuisisi JD.com, situs belanja elektronik raksasa di Cina.

Pada saat ini, Tencent telah menjadi perusahaan internet terbesar kelima di dunia, setelah Google, Amazon, Alibaba, dan Ebay. Dengan kapitalisasi pasar sebesar 80 miliar dollar, Tencent berada di atas Facebook, yang nilai kapitalisasi pasarnya “cuma” 64 miliar dollar.

Sementara itu, berkat kesuksesannya, Ma Huateng diketahui memiliki kekayaan mencapai 16,1 miliar dollar, yang menjadikan namanya masuk dalam jajaran orang-orang paling kaya di dunia.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh Bisnis 6988651653592555277

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item