Siapakah Luis Carlos Sarmiento?

Siapakah Luis Carlos Sarmiento?
Luis Carlos Sarmiento/colombiareports.com
Luis Carlos Sarmiento adalah pengusaha konstruksi dan bankir terkenal Kolombia. Dia memimpin Grupo Aval Acciones y Valores, SA, perusahaan induk yang membawahi berbagai lini usaha. Namanya masuk dalam daftar orang-orang terkaya di dunia, karena memiliki kekayaan mencapai 13,4 miliar dollar.

Nama lengkapnya Luis Carlos Sarmiento Angulo, dan dia lahir pada 27 Januari 1933 di Bogotá, Kolombia. Sejak berusia 14 tahun, saat masih sekolah, dia telah terkenal sangat pintar, khususnya dalam akuntansi. Karenanya, dia pun telah dipekerjakan sebagai akuntan sejak usianya belasan tahun.

Meski menyukai akuntansi, dia kuliah di fakultas teknik sipil, di National University of Colombia. Lulus kuliah, dia bekerja sebagai insinyur untuk perusahaan Santiago Berrio y Cia. Cukup lama dia bekerja di perusahaan tersebut, sampai kemudian terpikir untuk mulai membangun usaha sendiri. Dengan bekal tabungan dan pengalaman yang cukup, Luis Carlos Sarmiento lalu mendirikan usaha konstruksi.

Meski modalnya bisa dibilang pas-pasan, tapi dia memiliki otak yang cerdas. Hasilnya, usaha konstruksi yang dirintisnya meraih kesuksesan tidak terlalu lama. Dalam waktu singkat, perusahaan konstruksinya telah menjadi salah satu perusahaan penting di Kolombia.

Setelah itu, dia kembali pada kecintaannya semula, yaitu akuntansi. Dia pun mendirikan usaha keuangan, dan membangun perusahaan bernama Alfa. Dia juga membeli sebuah bank yang hampir bangkrut, dan mengubahnya menjadi lembaga keuangan yang sukses.

Saat ini, bank tersebut telah menjadi salah satu bank terkenal di Kolombia, bernama Banco de Bogotá. Setelah itu, dia mengakuisisi bank-bank lain, termasuk Popular Bank, Ahorramás (bank yang digunakan untuk keperluan kredit rumah), dan Banco AV Villas.

Pada 1998, seiring jumlah bisnis dan perusahaannya yang makin banyak, Luis Carlos Sarmiento mulai berpikir membangun perusahaan induk, lalu lahirlah Grupo Aval Acciones y Valores, SA. Saat ini, perusahaan induk itu membawahi berbagai perusahaan konstruksi, perumahan, dan perbankan. Luis Carlos Sarmiento pun terkenal sebagai pengusaha konstruksi dan bankir paling terkenal di Kolombia.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh Bisnis 5551208687026103049

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item