Siapakah Lei Jun?

 Siapakah Lei Jun?
Lei Jun/straitstimes.com
Lei Jun adalah pendiri perusahaan Xiaomi Inc., yang memproduksi smartphone dengan merek Xiaomi. Dia lahir pada 16 Desember 1969 di Xiantao, Hubei, Cina.

Sejak remaja, Lei Jun telah menggemari teknologi. Karenanya, saat kuliah di Wuhan University, dia pun mengambil jurusan teknik. Setelah lulus kuliah pada 1992, dia bekerja di perusahaan perangkat lunak bernama Kingsoft. Enam tahun kemudian, pada 1998, dia telah menjadi kepala eksekutif di perusahaan tersebut.

Pada tahun 2000, sambil aktif bekerja di Kingsoft, Lei Jun mendirikan situs di internet bernama Joyo.Com, sebuah toko online mirip Amazon.Com. Empat tahun setelah didirikan, Joyo.Com dijual ke Amazon.Com sebesar 75 juta dollar. Hasil penjualan situs itu ia gunakan untuk berinvestasi di perusahaan pengecer pakaian merk Vancl.

Pada 20 Desember 2007, Lei Jun mengundurkan diri dari Kingsoft. Satu tahun kemudian, dia menjadi pemimpin perusahaan UCWeb. Kemudian, pada 6 April 2010, Lei Jun mendirikan Xiaomi Inc., perusahaan yang ia impikan memproduksi smartphone berkualitas tinggi, namun dengan harga terjangkau. Sejak itulah, ponsel Xiaomi mulai dikenal di Asia, bahkan memiliki pasar yang luas di Hong Kong, India, Malaysia, Singapura, Indonesia, dan Taiwan.

Kesuksesan Xiaomi bukan hanya karena kualitas yang tinggi dan harga yang terjangkau, tapi juga pada cara promosi dan penjualannya. Berbeda dengan umumnya ponsel merek lain, Xiaomi dipromosikan melalui mulut ke mulut, dan hanya bisa diperoleh melalui dunia maya.

Lei Jun tampaknya percaya kekuatan sosial media di internet, dan dia mampu memanfaatkannya dengan baik. Kenyataannya, Xiaomi kemudian dinobatkan sebagai perusahaan smartphone dengan tingkat perkembangan tercepat di dunia.

Tingginya angka penjualan ponsel Xiaomi juga menjadikan produsennya sebagai perusahaan ponsel terbesar ketiga di dunia, di bawah Samsung dan Apple. Artinya, Xiaomi bahkan telah mengalahkan Microsoft dan Blackberry yang telah muncul jauh-jauh hari sebelumnya.

Pada 2014, majalah Forbes Asia menyebut Lei Jun sebagai Businessman of the Year. Kini, namanya juga masuk dalam jajaran orang-orang terkaya di dunia dengan kekayaan sebesar 13,2 miliar dollar.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Tokoh 2017095994748519715

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item