Siapakah Larry Ellison?

Siapakah Larry Ellison?
Larry Ellison/marketwatch.com
Larry Ellison adalah tokoh penting di dunia komputer, pendiri sekaligus CEO Oracle Corporation, perusahaan database dan perangkat lunak terbesar kedua di dunia. Ia lahir pada 17 Agustus 1944 di Manhattan, New York, Amerika Serikat, dengan nama lengkap Lawrence Joseph Ellison. Meski dia lahir di New York, namun tumbuh besar di Chicago, karena diadopsi oleh paman dan bibi ibunya.

Dia pernah kuliah di Universitas Illinois dan Universitas Chichago, namun tidak pernah lulus karena kekurangan biaya. Setelah dua kali gagal kuliah, Larry Ellison memutuskan untuk kursus komputer. Sambil bekerja sebagai pelayan toko, dia pun belajar di sebuah lembaga kursus komputer, dan kali ini berhasil lulus.

Berbekal ijazah kursus, Larry Ellison mendapat pekerjaan di perusahaan investasi bernama Fireman’s Fund sebagai teknisi komputer. Cukup lama dia bekerja di sana, lalu pindah kerja ke sebuah bank bernama Wells Fargo, masih tetap sebagai teknisi komputer. Kemudian pindah lagi ke Ampex Corporation, dan kali ini menjadi programmer komputer.

Saat bekerja di Ampex itulah, Larry Ellison mendapatkan ide untuk mengembangkan sistem database berbasis komputer. Ia mendapatkan ide itu melalui paper yang ditulis Edgar F. Codd, seorang pekerja di IBM. Sistem yang dikembangkan Larry Ellison kemudian disebut “Structured Query Language” (SQL), dan dia melihat peluang besar untuk mengembangkannya dalam sebuah bisnis yang menghasilkan keuntungan.

Ide itu ditindaklanjuti Larry Ellison dengan mendirikan perusahaan sendiri, yang ia bentuk bersama dua temannya—Robert Miner dan Ed Oates—dengan modal 2.000 dollar. Mula-mula, perusahaan itu diberi nama Software Development Labs, sampai akhirnya ditetapkan menggunakan nama Oracle Corporation.

Waktu itu, bertepatan dengan tender yang dibuka di CIA (Central Intelligence Agency) untuk menangani sistem database mereka. Oracle memenangkan kontrak tersebut, dan mereka bisa mengerjakannya dengan baik.

Sukses kontrak dengan CIA menjadikan Oracle mendapatkan klien-klien lain, termasuk IBM dan Wright Patterson Air Force Base. Sejak itu, Oracle pun tumbuh menjadi perusahaan penting di bidang komputer.

Pada perkembangannya, Oracle juga membuat banyak produk berbasis non-database server. Tahun 1990-an, mereka mengeluarkan produk berupa Application Server (Web DB, OAS), Development Tool (Oracle Developer, Oracle Designer), dan Application Suite (Oracle Apps).

Kini, Oracle telah menjadi perusahaan perangkat lunak terbesar kedua di dunia, setelah Microsoft. Atas kesuksesannya, Larry Ellison berhasil mengumpulkan kekayaan hingga 54,3 miliar dollar, dan menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 4678123193610143608

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item