Siapakah Joseph Safra?

Siapakah Joseph Safra?
Joseph Safra/ft.com
Joseph Safra adalah bankir terkaya di Brasil, yang juga menjadi komisaris seluruh anak usaha Safra Group, termasuk di antaranya Safra National Bank of New York dan Banco Safra yang berkantor pusat di São Paulo, Brasil. Ia lahir di Aleppo, Suriah, pada 1939, namun besar di Beirut, Lebanon.

Joseph Safra bisa dibilang telah kaya sejak belum lahir. Leluhurnya adalah pedagang emas di masa Dinasti Ottoman, yang menjalankan bisnisnya di wilayah perdagangan Timur Tengah. Usaha itu lalu melahirkan bisnis perbankan, dan leluhur Joseph Safra menjadi bankir kepercayaan Kerajaan Ottoman, terutama untuk memfasilitasi perdagangan antara Alexandria, Aleppo, dan Istanbul.

Ketika Dinasti Ottoman runtuh pada awal abad ke-20, Jacob Safra, ayah Joseph Safra, mendirikan usaha sendiri di Beirut, dengan nama Jacob E. Safra Bank. Joseph Safra dan kakaknya, Edmond Safra, ikut dalam bisnis ayahnya tersebut.

Pada 1952, Jacob Safra memindahkan pusat bisnisnya ke São Paulo, Brasil, dan beroperasi dengan nama Banco Safra de Investimento. Tiga tahun kemudian, pada 1955, Joseph Safra membangun bisnisnya sendiri, juga di Brasil, dengan nama Banco Safra. Dalam pertumbuhannya, Banco Safra menjadi bank terbesar di Brasil, yang kini telah berekspansi ke Eropa dan AS.

Sementara itu, Edmond Safra merambah ke Jenewa, Swiss, dan mendirikan Trade Development Bank. Dengan modal 1 juta dollar, bank tersebut terus tumbuh hingga memiliki aset 5 miliar dollar pada 1980-an. Setelah itu, Edmond Safra bersama Joseph Safra merambah Amerika, dan mendirikan Republic National Bank of New York, yang juga meraih kesuksesan.

Semua kesuksesan dan kekayaan itu kemudian terpusat pada satu orang, yaitu Joseph Safra. Ketika ayah mereka meninggal, warisan kekayaan sang ayah pun jatuh ke dua anaknya, yaitu Edmond Safra dan Joseph Safra.

Lalu Edmond Safra meninggal dunia pada 1999, yang menjadikan Joseph Safra sebagai satu-satunya keturunan Safra paling tua. Posisi itu menjadikannya memegang dan mengendalikan semua bisnis yang ada di bawah Safra Group.

Sebagai pewaris tunggal perusahaan Safra Group, Joseph Safra memiliki kekayaan mencapai 17,3 miliar dollar, yang menjadikannya masuk dalam daftar orang-orang terkaya di dunia.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh Bisnis 3599253863508493886

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item