Siapakah Johanna Quandt?

Siapakah Johanna Quandt?
Johanna Quandt/carmagazine.co.uk
Johanna Quandt adalah istri Herbert Quandt, pemilik saham terbesar di perusahaan otomotif BMW, yang menjadi janda kaya-raya karena mewarisi saham milik suaminya. Johanna Quandt juga ibu Susanne Klatten dan Stefan Quandt, yang sama-sama mewarisi saham milik Herbert Quandt, ayah mereka.

Lahir pada 21 Juni 1926, di Berlin, Jerman, nama asli Herbert Quandt adalah Johanna Maria Bruhn, dan dia putri seorang sejarawan seni di Berlin. Sebelum pecah Perang Dunia II, Johanna Quandt belajar ilmu medis.

Setelah Perang Dunia II usai, dia bekerja sebagai sekretaris di sebuah bank di Cologne. Pada pertengahan 1950-an, dia melamar kerja ke perusahaan Herbert Quandt di Bad Homburg, dan dari situlah dia mengenal lelaki yang kemudian menjadi suaminya.

Di perusahaan Herbert, Johanna Quandt bekerja sebagai sekretaris. Sampai kemudian, pada 1960, Herbert Quandt melamarnya, dan mereka menikah. Pernikahan mereka menghasilkan dua anak, yaitu Susanne Klatten dan Stefan Quandt.

Ketika Herbert Quandt meninggal dunia pada 1982, saham miliknya di BMW pun diwarisi oleh istrinya dan dua anaknya. Dari 46 persen saham yang dimiliki Herbert Quandt, Johanna Quandt mendapat 16,7 persen. Anak laki-lakinya, Stefan Quandt, mendapat 17,4 persen.

Sedangkan anak perempuannya, Susanne Klatten, mendapat 12,5 persen. Kenyataan bahwa Susanne Klatten kemudian menjadi yang terkaya di antara mereka bertiga, karena dia memiliki usaha-usaha lain di luar sahamnya di BMW, yang menambah kekayaannya.

Di luar saham di BMW, Herbert Quandt juga memiliki saham di beberapa perusahaan Jerman lain, seperti perusahaan karbon dan granit SGL Carbon, serta produsen bahan kimia Altana. Saham miliknya yang ada di perusahaan lain itu pun diwarisi istri dan anak-anaknya.

Setelah Herbert Quandt meninggal dunia, Johanna Quandt menduduki jabatan sebagai dewan pengawas BMW, sampai kemudian memutuskan untuk pensiun pada 1997. Meski begitu, dia masih tetap memiliki saham di perusahaan tersebut. Saham-saham itulah yang memungkinkannya memiliki kekayaan hingga 13,9 miliar dollar.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Tokoh Bisnis 6966515510293083988

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item