Siapakah Germán Larrea Mota-Velasco?

Siapakah Germán Larrea Mota-Velasco?
Larrea Mota-Velasco/milenio.com
Berbeda dengan umumnya orang terkenal lain, informasi mengenai Germán Larrea Mota-Velasco sangat sulit didapatkan. Bisa dibilang, informasi-informasi mengenai Germán Larrea Mota-Velasco yang sampai ke publik hanya sebatas informasi-informasi formal, menyangkut kepemimpinannya di perusahaan.

Tapi di luar itu bisa dibilang tidak ada informasi apa pun. Selain kenyataan bahwa dia berjenis kelamin lelaki, dan lahir pada 8 Juli 1941 di Mexico City, Meksiko.

Saat ini, Germán Larrea Mota-Velasco menjadi CEO Grupo México, perusahaan tambang terbesar di Meksiko yang juga produsen tembaga terbesar ketiga di dunia. Perusahaan itu merupakan bisnis milik keluarga, yang kemudian diwarisinya. Karena kepemilikan perusahaan itu pula, Germán Larrea Mota-Velasco diketahui memiliki kekayaan mencapai 13,9 miliar dollar, dan menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Pada 1978, Germán Larrea Mota-Velasco diketahui pernah mendirikan perusahaan percetakan dan penerbitan, bernama Grupo Impresa. Dia juga sempat menjadi Chairman dan CEO pada perusahaan tersebut sampai 1989, tapi kemudian ia menjual perusahaan miliknya. Setelah itu, Germán Larrea Mota-Velasco memilih untuk meneruskan perusahaan milik keluarga.

Keluarga Germán Larrea Mota-Velasco mengelola perusahaan bernama Grupo México, yang 51 persen sahamnya dimiliki keluarga, dan perusahaan itu memiliki 13 tambang operasi yang melakukan eksplorasi sumber daya alam di wilayah Meksiko, Chili, dan Peru.

Selain itu, Grupo México juga mengelola perusahaan kereta api yang memiliki rel kereta api sepanjang 5.000 kilometer, yang menguasai 71 persen transportasi kereta api di Meksiko.

Germán Larrea Mota-Velasco mulai aktif di perusahaan keluarganya sejak 1994. Dia pernah duduk sebagai ketua dewan direksi, presiden, wakil ketua eksekutif, hingga akhirnya menjadi CEO saat ini. Selain itu, dia juga memimpin beberapa perusahaan yang masih tergabung dengan perusahaan keluarganya.

Di antaranya, dia menjadi direktur Banco Nacional de Mexico, perusahaan perbankan di bawah Grupo México. Sejak Desember 1999, dia juga menjadi ketua dewan Southern Copper Corporation, lalu menjadi CEO hingga 2004.

Pada 1997, Germán Larrea Mota-Velasco juga diketahui menjadi ketua dewan direksi dan CEO Grupo Ferroviario Mexicano, dan ikut mengelola Empresarios Industriales de Mexico, Compania Perforadora Mexico, Mexico Compania Constructora, dan Fondo Inmobiliario, yang semuanya merupakan anak perusahaan Grupo México.

Di luar yang telah disebutkan di atas, informasi mengenai Germán Larrea Mota-Velasco sangat sulit didapatkan.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Tokoh Bisnis 6017272702282602510

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item