Siapakah François Pinault?

Siapakah François Pinault?
François Pinault/scmp.com
François Pinault adalah pengusaha dan kolektor barang seni yang sangat terkenal dari Prancis. Ia lahir pada 21 Agustus 1936 di Les Champs-Géraux, Prancis, dan saat ini masuk dalam jajaran orang-orang terkaya di dunia, karena memiliki kekayaan mencapai 14,9 miliar dollar.

Kekayaan François Pinault bisa dibilang dimulai dari aktivitas membeli saham. Dia membeli sejumlah saham, mendapatkan keuntungan, kemudian menambah jumlah saham, dan begitu seterusnya.

Saat kekayaannya dari saham mulai terkumpul, François Pinault pun kemudian mendirikan perusahaan sendiri, yang memungkinkannya lebih leluasa dalam membeli saham atau bahkan mengakuisisi perusahaan lain.

Perusahaan yang dibangun François Pinault bernama Pinault-Printemps-Redoute, yang biasa disingkat PPR. Melalui PPR, François Pinault membeli saham perusahaan-perusahaan yang memproduksi merek-merek mewah, hingga ia pun terkenal sebagai pengusaha barang mewah.

Beberapa perusahaan merek mewah yang saham-sahamnya dikuasai olehnya adalah Gucci, Balenciaga, Yves Saint Laurent, Bottega Veneta, hingga Alexander McQueen.

Selain memiliki saham dalam jumlah besar di perusahaan-perusahaan barang mewah, François Pinault juga mendirikan perusahaan lain bernama Artemis pada 1992, yang digunakannya untuk mengelola bisnis wine. Artemis memiliki dan mengelola ladang anggur untuk wine di wilayah Bordeaux, yang diolah oleh Château-Latour, yang telah beroperasi sejak 1331. Saham Artemis hanya dimiliki oleh keluarga François Pinault.

Di luar bisnis barang-barang mewah, François Pinault juga menanamkan saham untuk produk-produk kelas menengah, juga mengelola perusahaan asuransi. Namun, sebagian besar kekayaannya didapat dari keuntungan penjualan barang-barang mewah yang sahamnya dimiliki olehnya.

Selain terkenal sebagai pengusaha, François Pinault juga sangat terkenal sebagai kolektor benda seni. Koleksi seni pribadinya yang sangat banyak dipamerkan di museum Palazzo Grassi, Venesia. Pada 2006, majalah ArtReview menempatkan François Pinault di peringkat teratas sebagai orang yang memiliki koleksi benda seni terbanyak.

François Pinault menikah dengan Maryvonne. Mereka memiliki tiga anak dan empat cucu.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh Bisnis 7578759849486066627

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item