Siapakah Donald Bren?

Siapakah Donald Bren?
Donald Bren/bclund.com
Donald Bren adalah pengusaha Amerika yang memimpin Irvine Company, perusahaan investasi real estate yang berbasis di Amerika Serikat. Dia lahir pada 11 Mei 1932, di Los Angeles, California, dan kuliah di University of Washington. Lulus kuliah, dia sempat mencoba bergabung dengan tim ski untuk Olimpiade 1956, tapi dinilai tidak memenuhi syarat karena cedera.

Gagal menjadi atlet, Donald Bren lalu banting setir ke dunia bisnis. Pada 1958, dengan modal pinjaman sebesar 10.000 dollar, dia mulai berbisnis properti.

Dia mendirikan perusahaan yang dinamai Bren Co., dan mulai membangun perumahan di sekitar pantai Newport, AS, kemudian di Orange County, California. Pada 1963, dia bersama rekan bisnisnya muengakuisisi lahan seluas 10.000 hektar di wilayah Viejo, California, yang lalu dibangun menjadi pemukiman mewah.

Bisnis Donald Bren bisa dibilang berjalan cukup lancar dan terus berkembang, sampai kemudian dia menjual perusahaannya ke International Paper seharga 34 juta dollar. Belakangan, perusahaan itu dibelinya kembali dengan harga lebih rendah, karena resesi yang terjadi.

Pada 1977, bersama sekelompok investor, Donald Bren membeli Irvine Company, perusahaan developer yang telah berdiri selama 146 tahun. Dalam pembelian itu, Donald Bren memiliki saham sejumlah 34,3 persen, dan dia terpilih menjadi wakil ketua dewan Irvine Company.

Memasuki 1983, jumlah sahamnya di Irvine Company semakin banyak, sehingga dia terpilih menjadi pemimpin perusahaan. Sampai kemudian, pada 1996, ia telah membeli semua saham yang ada di Irvine Company, sehingga Donald Bren pun menjadi pemilik tunggal perusahaan tersebut.

Kini, Donald Bren telah terkenal sebagai developer raksasa di AS. Mayoritas properti yang berada di Orange County, California, dimiliki olehnya. Termasuk 475 gedung kantor, 115 komunitas apartemen, 41 pusat ritel, properti resor, dan sejumlah perumahan baru. Dia diketahui memiliki kekayaan sebesar 15,2 miliar dollar, yang menjadikannya masuk dalam daftar orang-orang terkaya di dunia.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh Bisnis 3568012425943360646

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item