Siapakah Dilip Shanghvi?

Siapakah Dilip Shanghvi?
Dilip Shanghvi/dontgiveupworld.com
Dilip Shanghvi adalah pengusaha India, yang mendirikan dan memimpin Sun Pharmaceutical Industries, perusahaan produsen obat terbesar di India. Dia lahir di Amreli, Gujarat, India, pada 1 Oktober 1955.

Setelah menyelesaikan kuliahnya di University of Calcutta, Dilip Shanghvi diminta membantu usaha ayahnya. Ayah Dilip Shanghvi bekerja sebagai distributor obat-obatan, yang mendistribusikan obat-obatan dari berbagai produsen ke para pelanggan di wilayah Kalkutta.

Dilip Shanghvi pun membantu usaha ayahnya. Namun, ia kemudian berpikir untuk membuat obat-obatan sendiri, agar tidak terus menerus menjual produk orang lain.

Pada 1982, Dilip Shanghvi mulai merintis usaha sendiri. Dengan modal 10.000 rupee, ia mendirikan Sun Pharmaceutical Industries. Satu tahun sejak berdiri, perusahaan itu telah memiliki lima produk obat-obatan, dan mulai mendapatkan pasar.

Pelan namun pasti, usaha Dilip Shanghvi pun terus berkembang, hingga masuk bursa saham. Setelah itu, produk-produk Sun Pharmaceutical Industries semakin banyak, dan produksinya merambah ke negara-negara di luar India.

Sebagaimana umumnya perusahaan lain yang terus berkembang, Dilip Shanghvi juga melakukan berbagai akuisisi, demi membesarkan perusahaannya.

Ia tercatat mengakuisisi perusahaan Ranbaxy di Jepang pada 1993, Caraco Pharma di Amerika pada 1997, hingga Taro Pharma di Israel pada 2007. Kini, Sun Pharmaceutical Industries menjadi produsen obat-obatan terbesar kelima di dunia, dan Dilip Shanghvi masuk dalam daftar orang-orang terkaya di dunia. Ia diketahui memiliki kekayaan mencapai 20 miliar dollar.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh Bisnis 8508323475845295846

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item