Siapakah Cheng Yu-tung?

 Siapakah Cheng Yu-tung?
Cheng Yu-tung/tribune242.com
Cheng Yu-tung adalah pengusaha Hong Kong yang mendirikan Chow Tai Fook Enterprises, perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, termasuk pengembangan properti, ritel, infrastruktur, telekomunikasi, hotel, kasino, dan perhiasan. Ia lahir pada 26 Agustus 1925 di Shunde, Guangdong, Cina.

Bisnis Cheng Yu-tung dimulai dengan mendirikan toko yang menjual perhiasan di Hong Kong, dengan nama Chow Tai Fook Jewellery. Semula, toko miliknya hanya satu. Seiring bertambahnya waktu, toko perhiasan itu beranak pinak, hingga puluhan, lalu ratusan, dan kini telah ada 2.000 toko yang tersebar di berbagai wilayah di Asia. Bisa dibilang, Chow Tai Fook Jewellery adalah salah satu jaringan toko perhiasan terbesar di dunia.

Sukses dengan jaringan toko perhiasan, Cheng Yu-tung mulai merintis bidang usaha lain. Pada 1970, ia mendirikan New World Development, yang bergerak di bisnis perhotelan. Setelah itu, Cheng Yu-tung masuk ke bisnis real estate dengan memegang sejumlah properti di Hong Kong, termasuk jaringan toko yang kemudian ia gunakan untuk mengembangkan bisnis ritel.

Untuk keperluan bisnis properti, Cheng Yu-tung menggunakan New World Development untuk mengembangkan proyek perumahan dan kawasan ritel, serta jaringan mal. Di antara mal yang ada di bawah jaringan New World Development adalah K11 di Tsim Tsha Tsui, yang merupakan mal terkenal di Hong Kong.

Meski memiliki banyak bisnis, namun penghasilan terbesar Cheng Yu-tung diperoleh dari bisnis perhiasannya.

Pada 2012, seiring kondisi kesehatannya yang makin menurun karena usia, Cheng Yu-tung mengundurkan diri dari kesibukan bisnisnya. Perusahaannya kemudian diurusi oleh anak-anak dan cucu-cucunya.

Meski begitu, Cheng Yu-tung masih pemilik konglomerasi bisnisnya. Karenanya, dia juga masih memegang kekayaan besar, senilai 14,4 miliar dollar, yang menjadikannya masuk dalam daftar orang-orang terkaya di dunia.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh Bisnis 7875584117336708016

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item