Siapakah Charoen Sirivadhanabhakdi?

Siapakah Charoen Sirivadhanabhakdi?
Charoen Sirivadhanabhakdi/sputniknews.com
Charoen Sirivadhanabhakdi adalah pendiri dan direktur Thai Beverage dan Fraser & Neave Ltd., dua perusahaan yang didirikannya. Satu bergerak di bidang produksi bir, satunya lagi beroperasi di sektor properti. Dia lahir pada 2 Mei 1944 di Cina, sebagai anak keenam dari 11 bersaudara.

Ketika dia masih kecil, keluarganya berimigrasi ke Thailand. Di Thailand, Charoen Sirivadhanabhakdi sempat mengenyam sekolah dasar, tapi kemudian keluar saat usianya 9 tahun. Alasannya mungkin klise, karena tidak ada biaya untuk melanjutkan. Setelah tidak bersekolah, Charoen Sirivadhanabhakdi pun mulai belajar mencari uang.

Karir pertamanya adalah menjadi buruh di pabrik penyulingan yang memproduksi wiski lokal Thailand. Dari pekerjaannya di sana, Charoen Sirivadhanabhakdi mulai tahu cara membuat bir atau wiski, dan dia kemudian menggunakan pengetahuan itu untuk mulai berbisnis sendiri.

Pada 1970-an, Charoen Sirivadhanabhakdi pun memulai bisnis kecil-kecilan dengan menjual bir murah dan wiski lokal. Perlahan namun pasti, usahanya berkembang dan terus membesar.

Sampai kemudian dia bekerjasama dengan perusahaan bir Carlsberg di Denmark untuk memproduksi Chang Beer dan Beer Thai, yang kemudian menjadi bagian dari perusahaan yang terdaftar di Singapura dengan nama Thai Bev atau Thai Beverage Plc. Sejak itu, Charoen Sirivadhanabhakdi pun menjadi pengusaha bir terbesar di Thailand.

Dari usaha bir, Charoen Sirivadhanabhakdi merambah bisnis pabrik gula, perbankan, dan asuransi. Dia juga mulai memasuki pasar investasi dan properti, dengan membangun pusat-pusat perbelanjaan serta hotel di beberapa negara. Untuk usaha-usaha di luar produksi bir, dia menggunakan nama Fraser & Neave Ltd.

Memasuki awal tahun 2000-an, Charoen Sirivadhanabhakdi mengembangkan bisnis properti dengan mendirikan perusahaan tersendiri, bernama TCC Land Co Ltd. Perusahaan itu sekarang telah menjadi salah satu pengembang properti terbesar di Thailand, yang bergerak di bidang investasi dan pengembangan perumahan, perhotelan, dan ritel, selain juga terlibat dalam manajemen properti, logistik, agrobisnis, di Thailand dan Singapura.

TCC Land juga memiliki beberapa properti di luar negeri yang dikelola oleh TCC Land Co International Ltd., termasuk di AS, Inggris, Australia, Jepang, Cina, dan beberapa negara Asia Tenggara. Saat ini, Charoen Sirivadhanabhakdi masuk dalam jajaran orang-orang terkaya di dunia, dengan kekayaan mencapai 13,2 miliar dollar.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh Bisnis 2098185906371996297

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item