Siapakah Charles Ergen?

 Siapakah Charles Ergen?
Charles Ergen/spacenews.com
Charles Ergen adalah pendiri dan pemimpin Dish Network dan EchoStar Communications, perusahaan yang bergerak di bidang broadcasting. Ia lahir pada 1 Maret 1953 di Oakridge, Tennessee, Amerika Serikat, dengan nama Charles William Ergen. Sehari-hari, dia akrab dipanggil Charlie Ergen.

Charles Ergen memiliki dua gelar akademis—sarjana dalam bidang seni dari University of Tennessee, dan MBA dari Wake Forest University. Meski begitu, karir yang dipilihnya seusai kuliah adalah menjadi penjudi profesional. Jadi, dia pun menghabiskan waktunya di Las Vegas, yang merupakan pusat perjudian, dan mengadu untung di sana. Sampai suatu hari, dia diusir karena dinilai curang dalam permainan.

Menyadari karirnya tamat sebagai penjudi, Charles Ergen mulai mencari kerja. Ia diterima bekerja di perusahaan Frito-Lay, sampai kemudian terpikir untuk memiliki usaha sendiri.

Usaha yang dirintisnya adalah menjual antena parabola, yang ia jajakan menggunakan truk ke wilayah pinggiran Denver, Amerika Serikat. Ia menamai usahanya EchoStar, dan perlahan namun pasti usaha itu mengalami perkembangan.

Pada 1990, dalam upaya membesarkan EchoStar, Charles Ergen menerbitkan surat utang atau obligasi sebesar 335 juta dollar. Dengan modal obligasi tersebut, EchoStar membeli orbit satelit. Dua tahun kemudian, EchoStar mendapatkan lisensi untuk menjadi perusahaan komunikasi, dan berhasil meraup pendapatan 20,4 juta dollar pada tahun 1993.

Memasuki 1996, Charles Ergen meluncurkan layanan televisi satelit Digital Sky Highway (DISH), yang segera mendapat banyak pelanggan, yang artinya juga memberikan pemasukan besar bagi perusahaan Charles Ergen.

Setelah itu, Charles Ergen mulai mengakuisisi berbagai perusahaan lain, termasuk Direct Broadcast Satellite Corporation (DBSC) hingga distributor film Blockbuster, yang menjadikan EchoStar Communications mewujud sebagai perusahaan raksasa.

Atas kesuksesannya membangun dan mengembangkan bisnisnya, Charles Ergen berhasil mengumpulkan kekayaan hingga 20,1 miliar dollar, yang menjadikan namanya masuk dalam daftar orang-orang terkaya di dunia.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Tokoh Bisnis 6153255578230614354

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item