Siapakah Azim Premji?

Siapakah Azim Premji?
Azim Premji/exchange4media.com
Azim Premji adalah pengusaha India yang menjadi pemimpin Wipro Corporation, perusahaan yang bergerak di bidang IT. Nama lengkapnya Azim Hashim Premji, dan dia lahir pada 24 Juli 1945 di Mumbai, India.

Ayah Azim Premji memiliki usaha bernama Vanaspati, yang bergerak di bidang minyak goreng, peralatan kamar mandi, sabun, perlengkapan mandi bayi, shampo, dan produk-produk toiletris. Pada 1966, ketika sang ayah meninggal dunia, Azim Premji meneruskan usaha tersebut.

Pada waktu itu usia Azim Premji 21 tahun, dan sempat diragukan kemampuannya dalam mengelola perusahaan. Tapi kemudian terbukti dia melampaui harapan semua orang.

Pada 1980-an, Azim Premji mengarahkan bisnis keluarganya ke arah teknologi. Sebelumnya, pada 1975, IBM keluar dari pasar India. Azim Premji memandang keluarnya IBM sebagai peluang untuk menggantikan.

Lebih dari itu, dia juga berpikir bahwa bisnis teknologi lebih menjanjikan di masa depan. Sejak itulah, Azim Premji mengarahkan perusahaannya untuk mulai memproduksi perangkat lunak dan perangkat keras, dan memasoknya ke perusahaan-perusahaan IT, di antaranya Sun Microsystems, General Electric, dan Motorola.

Langkah yang ditempuh Azim Premji mendatangkan perubahan besar. Perusahaan peninggalan ayahnya yang semula hanya memiliki kekayaan 1,5 juta dollar berubah menjadi perusahaan raksasa dengan aset mencapai 6 miliar dollar. Azim Premji pun mengubah nama perusahaan yang semula Vanaspati menjadi Wipro Products Limited, dan sejak itu menjadi perusahaan pemasok teknologi terbesar di dunia.

Memasuki tahun 2000-an, Wipro Products Limited telah mempekerjakan 147 ribu karyawan, dan melayani lebih dari 900 perusahaan di 61 negara, dengan nilai penjualan per tahun mencapai 3,47 miliar dollar.

Atas prestasinya tersebut, Azim Premji pun mendapat berbagai penghargaan di antaranya masuk dalam daftar “30 Pengusaha Terhebat Sepanjang Masa” versi BusinessWeek (Juni 2007), “10 Orang di Dunia yang Paling Mampu Membuat Perubahan” versi Forbes (Mei 2003), “100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia” versi Time (April 2004), dan lain-lain.

Di atas semuanya itu, Azim Premji masuk dalam daftar orang-orang terkaya di dunia, dengan kekayaan mencapai 19,1 miliar dollar.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh Bisnis 8846022496057101932

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item