Siapakah Alisher Usmanov?

Siapakah Alisher Usmanov?
Alisher Usmanov/themoscowtimes.com
Alisher Usmanov adalah pengusaha yang mendirikan Metalloinvest, produsen bijih besi terbesar di Rusia, dan memiliki berbagai saham di banyak perusahaan lain. Nama lengkapnya Alisher Usmanov Burkhanovich. Dia lahir pada 9 September 1953 di Chust, Uzbekistan. Dia mulai merintis bisnisnya dari tas plastik.

Pada 1991, ketika Uni Soviet runtuh, banyak perusahaan milik pemerintah yang diakuisisi swasta. Pada masa itu, banyak pengusaha yang kekayaannya melonjak drastis karena menguasai perusahaan yang semula dimiliki negara.

Tetapi Alisher Usmanov tidak memiliki modal untuk mengakuisisi perusahaan, karena waktu itu dia bukan pengusaha. Meski begitu, dia melihat suatu peluang yang tidak dilihat orang lain. Yakni kebutuhan tas plastik.

Sementara berbagai bisnis tumbuh seiring runtuhnya komunisme di Uni Soviet, tas plastik masih langka di sana. Jadi, Alisher Usmanov pun mendirikan perusahaan tas plastik bersama beberapa temannya. Hasilnya bisa ditebak—dia sukses besar.

Mendapatkan banyak keuntungan dari bisnis tas plastiknya, Alisher Usmanov mulai membeli saham di berbagai perusahaan, meliputi perusahaan logam, pertambangan, gas alam, dan lain-lain. Setelah itu, bersama beberapa temannya, dia mendirikan Metalloinvest, perusahaan yang mengolah bijih besi.

Pada perkembangannya kemudian, Metalloinvest menjadi produsen bijih besi terbesar di Rusia, dan kelima di dunia. Pada November 2012, Alisher Usmanov dan rekan bisnisnya di Metalloinvest mendirikan USM Holdings Limited untuk mengelola aset-aset mereka.

Keuntungan besar yang ia dapatkan dari bisnisnya, juga dari saham-sahamnya, memungkinkan Alisher Usmanov untuk membeli setumpuk saham lain. Maka dia pun membeli saham di Apple Inc. senilai 100 juta dollar, juga membeli saham di Facebook, Twitter, Zynga, dan Groupon.

Kini, selain memiliki saham yang tersebar di banyak perusahaan, Alisher Usmanov juga telah memiliki tujuh stasiun televisi nasional, 30 stasiun televisi lokal, dan sejumlah situs besar berbahasa Rusia di internet. Hasilnya, Alisher Usmanov masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia, dengan kekayaan mencapai 14,4 miliar dollar.

Di luar bisnis, Alisher Usmanov terkenal punya hobi mengoleksi properti mewah dan benda seni. Dia juga membeli sebagian saham klub sepak bola Inggris, Arsenal, dan menjadi pemilik saham terbesar kedua di klub elit itu.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh Bisnis 8797830087597236065

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item