Siapakah Aliko Dangote?

Siapakah Aliko Dangote?
Aliko Dangote/cnbc.com
Aliko Dangote adalah tokoh bisnis Nigeria, yang mendirikan dan memimpin Dangote Group, perusahaan yang bergerak di banyak bidang. Ia lahir pada 10 April 1957 di Kano, Nigeria, dan tumbuh dalam keluarga pedagang. Kakeknya, ayahnya, pamannya, semua pedagang. Karenanya, tidak mengherankan jika jiwa pedagang dalam diri Aliko Dangote telah tumbuh sejak kecil.

Aliko Dangote kuliah di Universitas Al-Azhar, Kairo, jurusan bisnis dan manajemen. Setelah lulus dan pulang dari Kairo, Aliko Dangote meminjam uang pada pamannya sebesar 500 ribu naira atau sekitar 3.160 dollar. Waktu itu usia Aliko Dangote 21 tahun.

Uang hasil pinjaman itu ia gunakan untuk modal berdagang minyak goreng, gula, pasta, dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Hanya dalam waktu empat tahun, dia sudah mampu membeli truk untuk keperluan dagangnya, dan sejak itu barang dagangannya semakin banyak. Karena ingin usahanya terus berkembang, dia memindahkan basis usahanya ke Lagos, ibu kota Nigeria.

Di Lagos, Aliko Dangote mengembangkan usahanya dengan baik, hingga berkembang pesat. Bisnisnya mulai merambah Benin, Ghana, Togo, dan wilayah-wilayah tetangga Nigeria. Bidang usahanya pun makin luas, tidak hanya berdagang kebutuhan sehari-hari, tapi juga di bidang lain.

Pada 1981, Aliko Dangote mencoba membangun bisnis semen. Dia membeli pabrik semen yang sudah mati, dan menghidupkannya kembali. Hasilnya menakjubkan. Bisnis semennya tumbuh luar biasa, dan Aliko Dangote pun terpikir untuk mendirikan perusahaan induk guna membawahi berbagai lini perusahaannya yang kini mencakup banyak bidang. Maka lahirlah Dangote Group.

Bisnis Aliko Dangote meliputi perusahaan pembuat makanan, pabrik semen, tekstil, dan transportasi. Dangote Group mendominasi pasar gula di Nigeria, dan menjadi pemasok utama gula ke berbagai perusahaan, termasuk Coca Cola, Pepsi, dan Seven-Up di Nigeria. Penyulingan gula milik Aliko Dangote yang terletak di pelabuhan Apapa, Lagos, mampu memproduksi 700 ribu ton gula per tahun.

Perusahaan gulanya dikenal sebagai yang terbesar di Afrika. Dia juga memiliki pabrik pengolahan gula berkapasitas 100 ribu ton di Jigawa State. Dengan pabrik pengolahan gula yang begitu besar, Dangote Group mampu mengekspor 400 ribu metrik ton gula per tahun, dan mampu menutupi 70 persen kebutuhan penduduk Nigeria.

Selain gula, Dangote Group juga mengekspor kain, cokelat, ikan, semen, dan sejumlah komoditas lain ke berbagai negara. Perusahaan tekstilnya, bernama Dangote Textile dan Nigeria Textiles Mills Plc., mampu memproduksi 120 ribu meter kain setiap hari.

Kini, total pegawai yang ada di bawah naungan Dangote Group mencapai 22.000 orang. Sementara jangkauan bisnisnya mencapai sejumlah negara di Afrika, termasuk Benin, Kamerun, Togo, Ghana, Afrika Selatan, dan Zambia.

Dari gurita bisnisnya itu, Aliko Dangote berhasil menumpuk kekayaan luar biasa. Beberapa tahun sebelumnya, kekayaan Aliko Dangote mencapai 24,5 miliar dollar. Namun, karena terjadi inflasi dan penurunan nilai mata uang Nigeria, kekayaannya menurun drastis, hingga tinggal 14,7 miliar dollar. Meski begitu, dia tetap orang terkaya di Afrika, bahkan masuk dalam jajaran orang-orang terkaya di dunia.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Tokoh Bisnis 9205391943046903733

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item