Mengapa Terjadi Angin Darat dan Angin Laut?

 Mengapa Terjadi Angin Darat dan Angin Laut?
Angin/bimbinganislam.com
Pada malam hari, suhu di darat lebih cepat turun daripada di laut. Karenanya, tekanan udara di atas permukaan laut lebih rendah jika dibandingkan di darat. Akibatnya, terjadilah embusan angin dari darat ke laut yang disebut angin darat.

Angin darat mulai terjadi pada malam hari, sekitar pukul 21:00. Embusan angin darat paling kuat terjadi pada waktu matahari mulai terbit. Pada siang hari, suhu di daratan lebih cepat naik daripada di laut.

Tekanan udara di atas daratan lebih rendah daripada tekanan udara di atas lautan. Akibatnya, terjadilah angin yang berembus dari laut ke darat, yang disebut angin laut. Angin laut mulai terjadi pada siang hari, sekitar pukul 09:00.

Makin siang, embusan angin semakin kuat. Embusan angin laut paling kuat terjadi kira-kira pukul 15:00. Angin darat dan angin laut dimanfaatkan para nelayan untuk berlayar mencari ikan di laut. Pada malam hari, para nelayan berlayar menggunakan perahu ke tengah laut. Mereka memanfaatkan angin darat untuk mendorong perahu layar mereka ke tengah laut.

Pada siang hari, nelayan kembali ke darat atau ke pelabuhan, dengan memanfaatkan angin laut. Kesimpulannya, angin darat dan angin laut terjadi karena perbedaan suhu udara di darat dan di laut.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Umum 1095203376775720082

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item