Apa sih Mutiara itu?

 Apa sih Mutiara itu?
Mutiara/hipwee.com
Mutiara adalah benda keras yang diproduksi di dalam jaringan lunak (khususnya mantel) moluska hidup. Sama seperti cangkangnya, mutiara terdiri dari kalsium karbonat dalam bentuk kristal yang telah disimpan dalam lapisan-lapisan konsentris. Mutiara yang ideal adalah yang berbentuk sempurna, bulat dan halus, namun ada pula berbagai macam bentuk lain.

Mutiara alami berkualitas terbaik telah dihargai sebagai batu permata dan objek keindahan selama berabad-abad, sampai-sampai kata atau istilah “mutiara” telah menjadi metafora untuk menyebut sesuatu yang sangat langka, baik, mengagumkan, dan berharga.

Hampir semua moluska bercangkang bisa menghasilkan beberapa jenis mutiara, melalui proses alami, ketika suatu objek mikroskopis terperangkap di dalam mantel lipatan moluska, namun sebagian besar dari mutiara tidak dihargai sebagai batu permata.

Mutiara alami terbentuk di alam liar, tanpa campur tangan manusia sama sekali, dan sangat jarang terjadi.

Untuk mendapatkan mutiara alami, ratusan kerang mutiara harus dikumpulkan dan dibuka, yang artinya dibunuh, dan selama berabad-abad itulah satu-satunya cara untuk memperoleh mutiara. Itu pula yang menjadi penyebab mutiara sangat berharga pada masa lalu.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 8070180473922077216

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item