Mengapa Kita Tidak Ingat Saat Dilahirkan?

  Mengapa Kita Tidak Ingat Saat Dilahirkan?
Ilustrasi/fudaindonesia.com
Memori dalam otak manusia memiliki kapasitas yang jauh lebih besar dibanding komputer paling canggih mana pun. Massa abu-abu (gray matter) dalam otak manusia merupakan alat penyimpanan yang sangat bisa diandalakan. Namun, mengapa kita tidak bisa mengingat saat kita dilahirkan ke dunia?

Jangankan mengingat saat kita dilahirkan, otak kita juga tidak bisa mengingat masa-masa bayi atau balita. Kenyataannya, sekeras apa pun berusaha, ingatan hanya bisa kembali sampai saat kita berusia 4-5 tahun. Mengapa bisa begitu?

Salah satu teori paling terkenal menyatakan bahwa ketidakmampuan kita mengingat masa-masa tersebut disebabkan oleh faktor mielin, yaitu lapisan pelindung saraf yang membantu penghantaran sinyal-sinyal otak.

Sebelum berusia 5 tahun, mielin dalam otak bayi masih sangat sedikit. Jonathan Schooter, PhD, ahli psikologi dari University of British Columbia, menyatakan, “Mielin sangat penting untuk menjaga ingatan jangka panjang.”

Sementara teori lain menyebutkan bahwa begitu kita mulai belajar berbicara, kita tidak bisa lagi mengakses ingatan yang tercipta pada masa kita belum lancar berbicara. Jonathan Schooter menjelaskan, “Dengan makin berkembangnya kemampuan berbahasa seorang anak, cara ia berpikir juga akan berubah sehingga diduga lebih sulit untuk mengingat ingatan masa sebelumnya.”

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 8297046145723095504

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item